Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aminah Tusadiyah

PMM '4 49 : Do'a Bersama dan Bakti Sosial untuk Memperkuat Silaturahim

Kabar | Sunday, 25 Feb 2024, 22:28 WIB

Pada hari Kamis, 15 Februari 2024, mahasiswa PMM gelombang 4 kelompok 49 Universitas Muhammadiyah Malang ( Muhammad Iqbal, Nurul Aulia, Alivia Hana Rafifah, Asma Karima Amir, dan Aminah Tusadiyah ) melanjutkan rangkaian kegiatannya dengan melaksanakan do’a bersama dan bakti sosial yang melibatkan warga sekitar. Kegiatan do’a bersama dan bakti sosial ini melibatkan dua puluh janda yang tinggal di lingkungan Yayasan Mambaul Hikmah yang berada di Dusun Ngambon, Desa Girimoyo, Kabupaten Malang. Selain melibatkan janda-janda di lingkungan sekitar yayasan, kegiatan ini juga melibatkan peran pengurus yayasan untuk mendata janda-janda di lingkungan sekitar.

Kegiatan do’a bersama dan bakti sosial ini merupakan acara penutup dari rangkaian kegiatan Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa ( PMM ) oleh Universitas Muhammadiyah Malang ( UMM ). Adapun pengadaan program do’a bersama dan bakti sosial ini memiliki beberapa tujuan. Tujuan pertama adalah untuk mengenalkan kampus Universitas Muhammadiyah Malang pada warga Dusun Ngambon pada khususnya dan penduduk Kabupaten Malang pada umumnya. Tujuan kedua yaitu untuk mengenalkan Yayasan Mambaul Hikmah itu sendiri sebagai salaah satu lembaga sosial dan pendidikan yang berdiri di tengah wilayah Dusun Ngambon, sehingga akan tumbuh rasa peduli dari warga sekitar mengenai yayasan tersebut. Tujuan ketiga dari adanya kegiatan do’a bersama dan bakti sosial ini adalah untuk mengenalkan santri-santri Yayasan Mambaul Hikmah pada warga-warga sekitar yayasan, dengan begitu mereka dapat berbaur dengan masyarakat sekitar. Pada intinya, kegiatan ini dipilih untuk mengenalkan Yayasan Mambaul Hikmah pada masyarakat sekitar dan mengenalkan santri-santri pada warga sekitar sehingga akan tumbuh rasa peduli diantara kedua belah pihak sebagai sesama penduduk Dusun Ngambon.

Rangkaian kegiatan do’a bersama dan bakti sosial di Yayasan Mambaul Hikmah yang berlangsung pada pukul 18.30 ini dimulai dengan pembukaan, dengan membaca basmalah bersama-sama. Setelah acara dimulai, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dibacakan oleh Ibrahim selaku perwakilan santri Yayasan Mambaul Hikmah. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang diberikan oleh pengurus yayasan yang diwakili oleh Ibu Vita. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih pada PMM kelompok 49 gelombang 4 yang telah menginisiasi kegiatan ini. Ibu Vita mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh yayasan dengan mengundang masyarakat sekitar untuk berkumpul di yayasan dan beliau juga berterima kasih pada para hadirin yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir. Selain itu, beliau juga berharap dengan adanya Yayasan Mambaul Hikmah di Dusun Ngambon ini dapat menebar manfaat bagi masyarakat sekitar. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua kelompok PMM, yaitu Muhammad Iqbal. Dalam sambutannya, Iqbal berterima kasih atas kehadiran para hadirin dan juga pada Yayasan Mambaul Hikmah selaku tuan rumah yang telah memfasilitasi kegiatan do’a bersama dan bakti sosial ini sehingga dapat terwujud dan terlaksana dengan lancar. Selain itu, dia juga berharap semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan diberkahi Allah SWT.

Setelah sambutan-sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan do’a bersama yang dipimpin oleh Asma Karima Amir. Kemudian, acara dilanjutkan dengan bersholawat bersama dan ramah tamah antar hadirin. Selanjutnya, acara ditutup dengan mengucap hamdalah bersama-sama dan foto bersama dengan tamu undangan dan pengurus yayasan serta santri Yayasan Mambaul Hikmah. Dan dilanjutkan dengan pembagian paket sembako kepada janda-janda undangan yang hadir.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan warga sekitar Yayasan Mambaul Hikmah dapat menjalin silaturahmi dengan santri dan pengurus yayasan, sehingga dapat menumbuhkan ekosistem kekeluargaan di lingkungannya. Dan dengan berakhirnya kegiatan PMM oleh kelompok 49 gelombang 4 ini, diharapkan kegiatan-kegiatan yang berdampak positif pada yayasan selama PMM berlangsung, dapat dilanjutkan dan diimprovisasi oleh yayasan, sehingga dapat mengantarkan Yayasan Mambaul Hikmah untuk mencapai visi misinya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image