Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Patih Al Bantani

Pentingkah IPK Untuk Pekerjaan? Yuk Simak

Edukasi | 2024-02-23 14:37:05

Mengingat kenyataan bahwa perguruan tinggi hanya dimaksudkan untuk membantu siswa dalam mencapai nilai ujian yang tinggi dan tidak memberikan kesempatan untuk jaringan profesional atau partisipasi dalam kegiatan, banyak siswa menempatkan prioritas tinggi pada pencapaian nilai rata-rata yang tinggi saat pertama kali menghadirinya.

Namun, seberapa pentingkah IPK saat ingin mulai bekerja? Apakah akurat untuk mengatakan bahwa IPK Anda memengaruhi jalur karier Anda?

Saya telah menyiapkan tanggapan berikut untuk Anda. Mari kita lihat lebih lanjut!

Sebelum membahas secara spesifik, apakah menurut Anda IPK penting untuk karier? IPK minimum 3,0 hingga 3,30 diperlukan oleh beberapa bisnis. Namun, itu juga tergantung pada industri dan organisasi.

Intinya, tanggung jawab kuliah Anda dapat diukur dari asal kampus dan IPK yang diperoleh. Jika peringkat rata-rata Anda minimal 3,0, pemberi kerja lebih cenderung mempertimbangkan lamaran Anda untuk suatu posisi. Namun, jalur karir Anda tidak akan ditentukan hanya oleh IPK Anda.

Misalnya, dengan asumsi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Anda tidak terlalu tinggi, Daftar Riwayat Hidup (CV) Anda menunjukkan bahwa Anda terlibat dalam organisasi, berpartisipasi dalam kontes lain, dan telah mengisi sebagai siswa di lingkungan lain.

Agen perekrutan mungkin masih mempertimbangkan pengalaman ini meskipun Anda tidak memiliki IPK tinggi.

Meskipun pemberi kerja memiliki alasan sendiri untuk meminta IPK, banyak kandidat tampaknya tidak melamar pekerjaan. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan pekerjaan impian Anda. Sangat penting bagaimana Anda menempatkan IPK Anda ke dalam konteks.

Katakanlah nilai Anda tidak bagus karena Anda harus bekerja sambil belajar. Terkadang sulit menemukan keseimbangan. Jelaskan tantangan yang Anda hadapi saat itu dan strategi yang Anda gunakan untuk berhasil lulus kuliah.

Secara alami, tidak semua bisnis memberlakukan persyaratan IPK minimum. Sertifikasi empat tahun sangat disukai oleh sebagian besar spesialis pendaftaran. Memiliki pengalaman kerja yang relevan dan keterampilan khusus di CV Anda bukanlah hal yang aneh.

Berapa banyak siswa yang berpartisipasi dalam klub dan kesukarelaan? Sertakan kisahnya dalam surat lamaran dan resume Anda juga. Banyak bisnis menganggap siswa yang terlibat memiliki kemampuan kepemimpinan dan manajemen waktu yang kuat.

Setelah kuliah, Anda tidak akan benar-benar dapat mengubah nilai rata-rata Anda, tetapi Anda harus menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa Anda memiliki keterampilan dan kepribadian yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu. Bagaimana jika menurut Anda nilai rata-rata Anda memengaruhi pencarian pekerjaan Anda?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image