Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Saa always handsome

Ayo Lestarikan Tarian Tradisional Indonesia

Pendidikan dan Literasi | Thursday, 22 Feb 2024, 18:35 WIB

Indonesia merupakan negara yang terkenal kaya akan budaya terutama tari-tarian Tradisional. Negara kita mempunyai banyak sekali tarian-tarian daerah yang terbesar di seluruh Provinsi di Indonesia. Tiap-tiap Tarian memiliki ciri-ciri dan khas tersendiri dibandingkan dengan tarian lainnya. Tarian yang berasal dari Indonesian, seperti Tari Remong dari Jawa Timur, Tari Tor-Tor dari Sumatra Utara, Tari Topeng dari Provinsi DKI Jakarta, Tari Merak dari Provinsi Banten dan masih banyak lagi.

Namun, seiring berkambangnya zaman mayoritas orang mulai mengabaikan dan melupakan kebudayaan bangsa seperti halnya tarian tradisional. Tidak sedikit remaja Indonesia lebih senang menarikan tarian modern dari pada tarian tradisional karena tari tradisonal dianggap kuno dan membosankan.

Dari waktu kewaktu, tarian modern sudah mulai ditinggalkan dan sudah tidak dilirik atau dinikmati lagi.Jika kita cermati bersama, tari-tarian tradisional ini memiliki daya tarik bagi wisatawan manca negara. Bahkan, negara lain mengklaim tari-tarian yang kita miliki seperti contoh beberapa waktu lalu tari pendet yang berasal dari bali yang diklaim oleh negara malaysia itu semua menunjukkan bahwa budaya tari yang kita miliki mempunyai pengaruh besar.

Di Indonesia juga terdapat tarian dari berbagai provinsi.Yang pertama ada provinsi Jawa Barat memiliki 10 tarian namun yang populer hanya 7 tarian,kemudian di Jawa tengah memiliki 31 tarian yang populer hanya 8 tarian,selanjutnya ada di provinsi Jawa timur yang memiliki 14 tarian yang populer hanya 10 tarian.Dari pulau jawa kita menyebrang ke pulau Kalimantan,Pulau Kalimantan memiliki jumlah total 24 tarian,Pulau Sumatra memiliki jumlah total 10 tarian dan yang populer ada 7 tarian.

Ada beberapa cara untuk melestarikan tarian tradisional yaitu membuat pertunjukan tari,memperbanyak informasi dari dunia tari,menggali lebih dalam tentang ilmu tari tradisional Indonesia, mempelajari secara langsung oleh orang yang mahir dalam hal tari.Oleh karena itu, mari kita jaga dan lestarikan kebudayaan Indonesia salah satunyan tari tradisional dengan cara menanamkan tentang kecintaan terhadap budaya Indonesia khususnya seni tari seperti mengenalkan seluruh tarian-tarian tradisional kepada generasi muda, agar mereka tertarik dan mempelajari tarian tradisional, supaya tidak ada lagi pencurian kebudayaan Indonesia oleh bangsa lain.

Jadi yang kita ketahui budaya di Indonesia itu banyak sekali,pada teks persuasi ini kita mengambil budaya Indonesia yaitu tari tradisional.Tari tradisional ini sudah mulai terlupakan oleh kalangan muda,di karenakan mulai terlupakan negara lain mengklaim tarian kita berasal dari negara nya contoh nya seperti yang di atas yaitu tari pendet yang berasal dari bali di klaim oleh Malaysia bahwa tarian itu dari negara nya.Mari kita jaga dan lestarikan budaya Indonesia supaya tidak di klaim negara asing.

ARTIKEL INI MERUPAKAN TUGAS KELOMPOK 4 TEKS PERSUASI KELAS VIII G SMPN 5 KARAWANG BARAT YANG DI AMPU OLEH IBU Puspita Rindaniati,S.pd.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image