Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ahmad ghifari

Pentingnya Kenyamanan

Pendidikan dan Literasi | Tuesday, 20 Feb 2024, 19:10 WIB

rasa nyaman memang sangat diperlukan dalam segala hal, baik dalam hubungan keluarga,pertemanan, pekerjaan bahkan dalam hal pendidikan atau dalam proses pembelajaran.

Dalam proses pembelajaran rasa nyaman ini sangat dibutuhkan, karena hal ini akan sangat berpengaruh dengan hasil belajar peserta didik dan keberhasilan proses belajar mengajar itu sendiri.

Jika peserta didik dapat merasakan kenyamanan selama proses pembelajaran, maka dapat dipastikan peserta didik itu mampu menerima materi dengan baik. lain halnya jika, selama proses pembelajaran peserta didik merasa tidak nyaman, otomatis dia kurang fokus pada materi yang disampaikan dan dapat menyebabkan gagalnya proses transfer pengetahuan tersebut.

Untuk dapat menciptakan suasana dan rasa yang nyaman selama pembelajaran, diperlukan kerjasama antara guru dan peserta didiknya.

Guru memiliki peran yang penting dalam menciptakan kenyamanan belajar bagi para peserta didiknya, salah satunya adalah dengan menjaga kerapian dan kebersihan ruang kelas.

Salah satu lembaga yang membudayakan kerapian dan kebersihan adalah lembaga pendidikan al-kautsar. Lembaga tersebut mewajibkan seluruh civitas akademik nya dari yang tertinggi sampai terendah untuk menjaga kerapian dan kebersihan dimanapun berada.Sehingga terciptalah dilembaga tersebut lingkungan belajar yang nyaman dan baik. apabila ada salah satu siswa yang lingkungan nya berantakan, seperti kamar atau kelas, maka siswa yang bersangkutan akan mendapatkan hukuman.

Kemudian salah satu cara agar lembaga tersebut senantiasa dalam keadaan bersih, yaitu dengan diadakannya piket harian setiap pagi dan sore hari. Maka seyogyanya bagi setiap kita untuk menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan kita, agar terwujud lingkungan yang nyaman dan tenang. Sekian, terimakasih.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image