Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image IGBS Darul Marhamah

Silky Pudding dengan Pewarna Kubis Merah, Lihat Resep Cara Membuatnya

Kuliner | Monday, 19 Feb 2024, 22:30 WIB
Silky Pudding dengan pewarna alami sayur Kubis merah

Berbagai olahan makanan dan minuman dengan keanekaragaman rasa dan warna kian merebak belakangan ini. Para produsen makanan dan minuman pun semakin kreatif dalam menawarkan produknya melalui aneka kemasan bahkan daya tarik warna produknya itu sendiri.

Dengan menggunakan media sosial, para pelaku usaha bersaing menghadirkan jenis-jenis makanan yang tidak saja enak di lidah, namun juga sedap di mata. Maka selain cita rasa, tampilan juga sangat penting untuk memikat para pembeli. Tentu saja dibutuhkan komposisi tertentu untuk mengubah warna makanan menjadi lebih variatif.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua pewarna makanan aman dikonsumsi, setidaknya kesadaran masyarakat akan hal tersebut sudah lama muncul. Sehingga bermunculan berbagai alternatif penggunaan pewarna makanan “alami” yang diambil dari ekstrak sayur atau buah dengan berbagai warna yang tidak kalah menarik.

Dalam tugas karya tulis kelas akhir (XII) Madrasah Aliyah Darul Marhamah saya mencoba bereksperimen membuat silky puding dengan pewarna alami dari sayur kubis merah. Saya menggunakan silky pudding karena makanan tersebut biasanya identik dengan keanekaragaman warna, sehingga lebih menggugah selera dan rasa yang biasanya dikonsumsi sebagai makanan penutup atau dessert.

Adapun penggunaan sayur kubis merah, selain tentu saja karena warnanya yang menarik, kubis merah disinyalir memiliki segudang manfaat untuk kesehatan yaitu mengandung banyak antioksidan, mengurangi resiko gejala sakit jantung, melawan peradangan, mengurangi resiko kanker, dan menjaga kesehatan usus.

Adapun langkah-langkah yang saya lakukan untuk pembuatan silky puding dengan pewarna alami sayur kubis merah sebagai berikut:

1. Siapkan kompor dan panci kukus untuk mengukus tiga lembar atau 160 gr kubis merah selama 10 menit.

2. Kubis merah yang sudah dikukus lalu masukan ke dalam blender, tambahkan 100 ml air dan blender hingga halus.

3. Kubis merah yang telah diblender lalu disaring untuk mendapatkan sari kubis merah.

4. Tuangkan Sari kubis merah ke dalam panci .

5. Setelah itu tambahkan 6 sdm/60 gram gula ke dalam panci.

6. Berikutnya masukkan 1 sdt bubuk agar-agar dan 1 sdt bubuk Nutrijell ke dalam panci.

7. Masukkan/campurkan 1 sachet susu kental manis ke dalam panci.

8. Setelah semua bahan sudah dicampur, aduk merata dengan suhu sedang.

9. Setelah mendidih lalu angkat panci dan masukkan silky pudding ke dalam cup atau sesuai selera.

10. Silky pudding yang sudah dituangkan ke dalam cup kemudian didinginkan lalu masukkan ke dalam kulkas hingga menjadi padat dan silky pudding siap dinikmati.

Artikel ditulis oleh Syifa Nur Adiba, Santriwati Madrasah Aliyah (MA) Darul Marhamah Cileungsi Kabupaten Bogor sebagai tugas Karya Tulis.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image