Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Berapa Dosis Mengkonsumsi Buah Apel Supaya Terbebas dari Penyakit Jantung Koroner

Eduaksi | Monday, 19 Feb 2024, 10:48 WIB
Manfaat buah Apel sangat baik untuk mencegah penyakit jantung koroner/Foto : Kompas

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena terjadi sumbatan pada pembuluh darah jantung sehingga mengganggu fungsi jantung dalam mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

Penyakit Jantung koroner hingga saat ini menjadi momok penyakit yang menduduki peringkat pertama penyakit terbanyak didunia. Setiap tahun penyakit ini semakin bertambah banyak serta mengharuskan penderitanya harus mengkonsumsi obat farmakologis seumur hidup. Dengan mengkonsumsi obat farmakologis jantung seumur hidup, maka kunjungan Rumah Sakit akan semakin tinggi sehingga diperlukan sarana prasarana serta tenaga medis yang cukup untuk pelayanan jantung terpadu yang madani.

Salah satu cara mencegah penyakit jantung koroner adalah dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, menghindari makanan berlemak dan tinggi kolesterol, serta berhenti merokok dan minum minuman beralkohol.

Salah satu cara tindakan non farmakologis untuk mencegah penyakit jantung koroner serta menyehatkan jantung adalah dengan rutin mengkonsumsi Buah Apel secara teratur. Ternyata manfaat buah Apel untuk kesehatan sangatlah banyak, hanya saja kita sebagai orang awam jarang mengetahuinya.

Dengan cara mengkonsumsi satu buah Apel setiap hari sudah sangat efektif menyehatkan jantung kita terbebas dari penyakit jantung koroner. Hal lain yang harus juga dilakukan adalah menjauhi faktor resiko yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung.

Kandungan buah apel yang sangat tinggi yang sangat kaya anti oksidan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia dalam menyehatkan saluran pencernaan serta mengobati penyakit kanker. Selain itu manfaat konsumsi buah Apel bisa menstabilkan gula darah didalam tubuh, kaya akan vitamin C sehingga meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Kandungan zat gizi didalam buah Apel juga bagus untuk menjaga kesehatan otak dan meredakan gejala Asma.

Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa pada penelitian yang sudah dilakukan oleh sebanyak 1600 partisipan penderita Asma dihasilkan penelitian bahwa konsumsi buah Apel bisa membantu menurunkan timbulnya kekambuhan Asma dan mengurangi reaksi Hipersensitivitas Bronchial. Dari penelitian yang sudah dilakukan apabila kita rutin mengkonsumsi buah apel sebanyak 2 buah selama seminggu maka akan membuat perubahan perbaikan pada penyakit Asma.

“Buah Apel merupakan salah satu buah yang tinggi akan anti oksidan dimana dengan kita mengkonsumsi satu buah Apel setiap hari sudah menurunkan resiko penyakit jantung bagi kita. Tentunya mengkonsumsi buah apel juga menyehatkan tubuh serta meningkatkan sistem imun untuk mencegah penyakit”, Ucap Prima.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image