Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fahmi Mujahid

Setiap Orang Itu Hebat dan Istimewa

Edukasi | Sunday, 18 Feb 2024, 18:08 WIB
Sumber foto: pixabay.com

Setiap manusia diciptakan oleh Sang Maha Pencipta dalam bentuk yang paling sempurna. Di antara makhluk-makhluk Allah yang lain, kitalah yang paling istimewa. Maka, tidak elok bila kita menjadi orang yang tidak percaya diri dan membandingkan diri kita dengan orang lain.

Seringkali kita merasa orang lain itu lebih hebat dan istimewa dari kita. Padahal dalam diri kita pun ada kehebatan dan keistimewaannya. Harus kita ingat bahwa setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Yang menjadi PR buat kita yaitu mencari kelebihan dan kekurangan itu. Kira-kira potensi apa yang bisa kita kembangkan untuk kemajuan dan kebahagiaan hidup. Juga memperbaiki apa yang menjadi kelemahan kita.

Terkadang kita selalu fokus pada kekurangan. Kita merasa gagal menjadi manusia karena tidak bisa seperti apa yang dilakukan orang lain yang menurut kita hebat. Padahal kita bisa melakukan seperti apa yang orang lakukan, asalkan kita mau mencoba dan berlatih dengan keras.

Maka, saat ini, lebih baik kita konsentrasikan pikiran pada kelebihan yang kita punya. Karena kalau kita fokus pada kelebihan, maka kita akan lebih percaya diri dan hidup menjadi lebih semangat. Sebaliknya, jika fokus kita pada kekurangan, secara otomatis kehidupan kita terasa lebih suram dan sumpek.

Lalu, bagaimana kita menemukan kelebihan-kelebihan kita?

Tentunya kita harus mencari tahu sendiri. Misalnya, apa pekerjaan yang kita sukai atau hobi yang sering kita lakukan. Kalau kita sudah menemukan kelebihan diri, maka kembangkan dan tekuni itu hingga mahir. Jadikan kelebihan itu sebagai bagian dalam kehidupan kita sehingga kita memiliki identitas baru yang sempurna.

Terus, apa sikap kita terkait kekurangan kita?

Setiap orang hebat pun pasti memiliki kekurangannya, begitu pula dengan diri kita. Maka, sikap kita mengenai kekurangan kita yaitu dengan cara belajar agar kita bisa memperbaikinya.

Misalnya, bila kekurangan kita itu takut berbicara di depan umum, maka kita perlu mendorong diri untuk banyak berlatih public speaking di ruang kamar tidur atau di tempat sunyi. Karena tidak ada yang bisa kita lakukan kecuali kita belum mencobanya. Apalagi kita dituntut oleh pekerjaan, maka harus sedikit dipaksakan untuk banyak belajar dan berlatih untuk memperbaiki kekurangan kita.

Jadi, tidak seharusnya kita sebagai manusia menjadi orang yang minder. Kita punya kelebihan yang membuat diri kita hebat dan istimewa. Tinggal kita temukan dan tekuni kelebihan itu sehingga membuat hidup kita lebih percaya diri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image