Jual beli saham menurut pandangan islam

Image
Nina Anggraini
Eduaksi | Thursday, 13 Jan 2022, 17:49 WIB
hukum jual beli saham menurut Islam adalah halal apabila dilakukan sesuai dengan tuntutan syariah, utamanya jika saham dibeli dengan transaksi yang pasti, bebas dari hal-hal yang membingungkan, dan tidak mengandung unsur riba dalam pembeliannya." />
Secara umum, hukum jual beli saham menurut Islam adalah halal apabila dilakukan sesuai dengan tuntutan syariah, utamanya jika saham dibeli dengan transaksi yang pasti, bebas dari hal-hal yang membingungkan, dan tidak mengandung unsur riba dalam pembeliannya.

Beberapa usaha yang diharamkan dalam Islam antara lain perjudian atau permainan sejenisnya, lembaga keuangan konvensional yang mengandung riba, serta usaha yang mengarah pada penyediaan barang dan jasa yang haram baik dari segi wujud barang atau jasanya, diharamkan menurut fatwa, dan tidak mendatangkan manfaat.

Situs Hukum Online memberi sejumlah tips yang bisa diterapkan dalam jual beli saham secara syariah. Pembeli setidaknya wajib menghindari aspek aspek berikut saat melakukan jual beli saham.

1. Transaksi saham dengan penawaran dan/atau permintaan palsu

2. Transaksi saham yang tidak disertai dengan penyerahan barang dan/atau jasa

3. Perdagangan atas barang yang belum dimiliki

4. Pembelian atau penjualan atas efek yang menggunakan atau memanfaatkan informasi orang dalam dari emiten atau perusahaan publik

5. Transaksi marjin atas efek syariah yang mengandung unsur bunga (riba)

6. Perdagangan atau transaksi dengan tujuan penimbunan (ihtikar)

7. Perdagangan atau transaksi yang mengandung unsur suap (risywah)

8. Transaksi lain yang mengandung unsur spekulasi (gharar), penipuan (tadlis) termasuk menyembunyikan kecacatan (ghisysy), dan upaya untuk mempengaruhi pihak lain yang mengandung kebohongan (taghrir).

JENIS-JENIS SAHAM

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri saham, maka Grameds perlu mengenal saham dari beberapa jenis. Berikut ini jenis-jenis saham yang perlu Grameds ketahui sebelum memutuskan untuk memilih berinvestasi saham.

1. Saham Biasa

Saham biasa adalah salah satu jenis saham yang merupakan pemilik saham seseungguhnya. Makasudnya pemegang saham biasa akan menyanggupi bahaya dan mendapat laba secara konstan. Jika keadaan perusahaan sedang merosot maka pemilik saham biasa ini tidak bisa mendapati dividen. Namun jika perusahaan sedengan dalam keadaan baik maka pemegang saham biasa akan mendapt deviden sangat besar bahkan memperoleh keuntungan saham tambahan.

2. Saham Preferen

Saham preferen adalah salah satu jenis saham yang memberikan hak istimewa pada pemiliknya untuk mendapatkan pembayaran dividen lebih besar dibandingkan saham biasa.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jual Beli dalam Ekonomi Islam

Jual beli saham menurut pandangan islam

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Savefrom.Net Unduh Gratis Video Mp4 Youtube Tanpa Aplikasi Dan Pasti Cepat Disini

Image

Download Lagu aespa - Girls MP3 Gratis

Image

Cara Cepat Memasang Spion Motor, Gampang!

Image

Yuk Kenali Fungsi Rem dan Jenisnya untuk Motor

Image

Doa Orang Tua Agar Anak Betah di Pondok Pesantren

Image

Joji Glimpse Of Us X Pluto Project MP3 Download Free!

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image