Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Maheza Nurmiagita

Sejarah Ayam Taliwang sebagai makanan khas yang telah hadir semenjak zaman kerajaan

Sejarah | Thursday, 13 Jan 2022, 03:25 WIB
https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/" />
Sumber : https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/

Ayam taliwang merupakan suatu makanan khas yang ada di Pulau Lombok. Hidangan kuliner ini yaitu berupa sebuah ayam yang dibakar dengan ditambah bumbu khasnya , dan menjadi suatu kebanggaan warga di Pulau Lombok serta sebagai kuliner khas di daerah tersebut .

Meskipun masakan ini begitu dikenal sebagai masakan khas pulau Lombok, akan tetapi sebenarnya , Ayam Taliwang ini adalah makanan khas yang berasal dari Taliwang, kemudian nama Taliwang ini ialah berasal dari nama sebuah kerajaan yang terdapat di Pulau Sumbawa. Ayam Taliwang memang dikenalkan pertama kali oleh para warga Karang Taliwang kecamatan Cakranegara tepatnya kota Mataram Lombok, namun pada zaman dulu, para leluhur masyarakat Taliwang ini ialah berasal dari daerah Taliwang , Kabupaten Sumbawa barat.

Dalam perjalanan sejarah, kehadiran masakan ayam taliwang ini ,berawal dari terjadinya sebuah perang diantara dua kerajaan yakni kerajaan Selaparang sebuah kerajaan islam yang terdapat di Lombok dengan Kerajaan Karangasem sebuah kerajaan hindu yang terdapat di Bali. Kemudian dengan adanya ayam Taliwang ini sebagai makanan perdamaian antara kerajaan Selaparang dengan kerajaan karangasem.

Konon disebutkan , bahwa sekitar tahun 1630 Masehi yang lalu kerajaan Selaparang yang terdapat di Pulau Lombok tersebut sedang bertarung dalam menghadapi perang dari kerajaan Karangasem Bali.

Fhoto Kerajaan Selaparang dan Kerajaan Karangasem

Sumber : Kompas.com

Pada saat itu pasukan kerajaan Taliwang dari pulau Sumbawa pun , didatangkan guna membantu serta mendukung kerajaan Selaparang. Kemudian Raja Selaparang memberikan tempat tinggal yang dapat ditempati oleh para pasukan Taliwang ,wilayah tersebut bernama Karang Taliwang . Saat inipun wilayah itu bernama kelurahan karang Taliwang , kecamatan Cakranegara , wilayah kodya Mataram.

Pada masa itu pasukan Taliwang, tak hanya membantu kerajaan Selaparang saja, namun para masyarakat taliwang pun diemban kan tugas yaitu mendamaikan dua kerajaan yang berselisih tersebut dengan ditempatkan tepatnya didaerah karang Taliwang.

Pasukan kerajaan Taliwang yang pada saat itu, sebagai juru damai pun mendatangi kerajaan karangasem Bali, dengan harapan agar pertempuran diantara dua kerajaan tersebut tidak dilanjutkan lagi dikarenakan sudah memakan begitu banyak korban. Selanjutnya , pasukan taliwang pun juga membawa juru masak, juru kuda serta pemuka pemuka agama islam yang masing masing sudah memiliki tugas. Pemuka agama islam, bertugas menuntun dan membimbing masyarakat serta melakukan pendekatan terhadap pihak dari kerajaan karangasem Bali. Selanjutnya tugas dari juru kuda yakni menjaga serta memelihara kuda kuda dan juru masak yang berperan dalam menyiapkan makanan untuk para pasukan.

Juru masak inilah yang mengolah makanan guna diberikan kepada para prajurit , adapun masakannya yakni ayam bakar dengan bumbu yang berasal dari hasil sumber daya alam yang terdapat di wilayah tempat mereka bertugas itu. Dalam membuat bumbu ayam terdapat bahan bahannya yakni seperti bawang merah, cabai , garam, terasi , dan bawang putih.

Melihat sajian makanan ayam Taliwang pada masa itu, tanpa diduga ternyata raja Karangasem pun begitu menyukai makanan tersebut. Dari makanan yang dibuat oleh para juru masak tersebut, yang kemudian menjadi menu favoritnya . Hingga semenjak saat itulah ayam bakar yang dimasak dengan bumbu khas tersebutpun dikenal sebagai Ayam Taliwang.

Perdamaian diantara dua kerajaan tersebutpun dicapai melalui adanya diplomasi masakan ayam bakar (ayam Taliwang) yang telah dimasak oleh juru masak. Seiring berjalannya waktu, masyarakat karang Taliwang pun lalu berbaur dengan masyarakat suku sasak yang ada dilombok, sehingga ayam taliwang sebagai makanan kuliner ini semakin populer dan begitu dikenal .

Jika dilihat berdasarkan perjalanan sejarah nya, kuliner Ayam taliwang ini sudah ada sejak 392 tahun yang silam atau dimulai zaman kerajaan yakni semenjak tahun 1630 sampai sekarang . Maka ayam Taliwang dapat dikatakan sebagai salah satu resep masakan yang telah diwariskan oleh nenek moyang. Pada zaman sekarang pun ayam Taliwang sebagai kuliner khas pulau Lombok ini sudah begitu terkenal, bahkan warung ayam Taliwang sudah terdapat dibeberapa kota yang ada di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya , Bandung dan lain-lain.

Pembuatan ayam Taliwang pun pada saat ini masih dibuat dengan cara sederhana yaitu dengan bumbu rempah rempah khas Lombok dengan cita rasa gurih dan pedas.Dengan bahan utama nya ialah ayam kampung yang kemudian dibakar dengan ditambahi bumbu khas Taliwang. Sehingga ayam Taliwang menjadi daya tarik yang begitu tinggi bagi para wisata kuliner.

Sumber Referensi :

Fahriza,Riza. (2018). Mau Tahu Sejarah Ayam Taliwang.Melalui https://mataram.antaranews.com/berita/38709/mau-tahu-sejarah-ayam-taliwang . Diakses pada tanggal 12 Januari 2022, pukul 15.00

Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya. (2018). Ayam Taliwang .Melalui https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/?newdetail&detailTetap=250 . Diakses pada tanggal 12 Januari 2022, Pukul 14.00

Insanaputra, Yanuar Satrhio . (2020). Ayam Taliwang Sebagai Wisata Kuliner Unggulan di Kota Mataram Lombok Nusa Tenggara Barat. Jurnal Ilmiah Volume 14 No.2, hal. 113.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image