Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Inilah 10 Terobosan Teknologi Awal 2024

Teknologi | Friday, 02 Feb 2024, 10:28 WIB
Ilustrasi AI (pcgamer.com/ssdarindo)

Perkembangan teknologi demikian pesat. Setiap hari lahir temuan baru. Semua lini kehidupan, dimanjakan oleh rekayasa teknologi.

Teknologi yang dihasilkan, menjanjikan dan siap memberikan dampak nyata bagi dunia. Berikut 10 terobosan teknologi pada 2024, seperti amatan technologyreview.com.

AI untuk segala hal

Kita sekarang hidup di era AI (kecerdasan buatan). Ratusan juta orang telah berinteraksi secara langsung dengan alat generatif seperti ChatGPT yang menghasilkan teks, gambar, video, dan banyak lagi dari perintah.

Popularitasnya membentuk kembali industri teknologi, membuat OpenAI menjadi nama yang terkenal dan mendorong Google, Meta, dan Microsoft untuk berinvestasi besar-besaran dalam teknologi ini.

Sel surya

Tenaga surya digunakan dengan cepat di seluruh dunia. Ini merupakan kunci dari upaya global untuk mengurangi emisi karbon. Namun, sebagian besar sinar matahari yang mengenai panel surya saat ini tidak diubah menjadi listrik. Menambahkan lapisan kristal kecil dapat membuat panel surya menjadi lebih efisien.

Apple Vision Pro

Apple akan mulai mengapalkan headset mixed-reality pertamanya, Vision Pro, tahun ini. Fitur unggulannya adalah layar beresolusi tertinggi yang pernah dibuat untuk perangkat semacam itu.

Obat penurun berat badan

Peningkatan obesitas secara global telah disebut sebagai epidemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Obat-obatan seperti Mounjaro dan Wegovy sekarang menjadi salah satu alat paling ampuh yang dimiliki pasien dan dokter untuk mengobatinya. Bukti menunjukkan bahwa obat-obatan ini bahkan dapat melindungi dari serangan jantung dan stroke.

Sistem panas bumi

Energi panas bumi adalah energi yang bersih, selalu tersedia, dan hampir tidak terbatas. Namun, karena tantangan teknik, kita baru saja menyentuh permukaan dari apa yang dapat ditawarkannya. Teknik pengeboran baru, yang menggali lebih dalam dan di tempat-tempat yang sebelumnya tidak bisa kita lakukan, melepaskan lebih banyak panas bumi untuk menghasilkan energi bersih.

Chiplets

Semakin sulit untuk membuat transistor menjadi lebih kecil yang mendefinisikan Hukum Moore dan mendorong kemajuan dalam komputasi selama beberapa dekade. Para insinyur sekarang harus menemukan cara baru untuk membuat komputer lebih cepat dan lebih efisien.

Chiplets adalah chip kecil yang terspesialisasi yang dapat dihubungkan bersama untuk melakukan semua hal yang dilakukan oleh chip konvensional, dan masih banyak lagi.

Pengobatan pengeditan gen pertama

Pengobatan baru berdasarkan CRISPR telah dikembangkan selama bertahun-tahun. Pada minggu-minggu terakhir tahun 2023, salah satu produk dari Vertex menjadi yang pertama mendapatkan persetujuan dari pemerintah di Inggris dan Amerika Serikat karena kemampuannya untuk menyembuhkan penyakit sel sabit, suatu kondisi yang mengancam jiwa. Itu tidak akan menjadi yang terakhir.

Komputer exascale

Superkomputer tercepat di dunia sekarang dapat melakukan perhitungan lebih dari satu exaflop (yaitu angka 1 yang diikuti dengan 18 angka nol). Mesin-mesin baru yang dapat mengolah data ilmiah dengan kecepatan ini akan memungkinkan para ilmuwan untuk melakukan simulasi yang lebih canggih mengenai iklim, fisi nuklir, turbulensi, dan banyak lagi.

Pompa panas

Jangan biarkan namanya menipu Anda. Pompa panas adalah peralatan listrik yang dapat mendinginkan dan menghangatkan bangunan, dan penggunaan yang lebih luas dapat mengurangi emisi secara substansial.

Penjualan meningkat di seluruh dunia. Di Amerika, Heat Pumps atau Pompa Panas melampaui tungku gas untuk pertama kalinya. Jenis baru yang bekerja pada suhu yang lebih tinggi juga dapat membantu mendekarbonisasi industri.

Twitter

Elon Musk membeli situs yang sekarang dikenal sebagai X pada tahun 2022, dan hampir tidak ada yang berubah sejak saat itu. Dia memecat sebagian besar staf dan meniadakan moderasi konten, membuat takut para pengiklan dan pengguna. Sekarang, ketika alternatif seperti Bluesky, Threads, dan yang lainnya mulai berkembang, alun-alun pusat kota telah digantikan oleh ruang-ruang pribadi. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image