Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mikael Andamadan

Wisata Sejarah Candi Prambanan

Wisata | Friday, 02 Feb 2024, 00:22 WIB

Candi Prambanan yang terletak di Yogyakarta, Indonesia, adalah kompleks candi Hindu yang diakui sebagai salah satu warisan dunia UNESCO dan menjadi salah satu contoh arsitektur Hindu terbesar di wilayah Asia Tenggara. Meskipun terdapat mitos yang menyelimuti Candi Prambanan, bahwa apabila pasangan yang belum menikah mengunjungi Candi Prambanan, maka hubungannya akan kandas, tidak mengurangi antusias masyarakat dari berbagai kalangan untuk berwisata. Berikut adalah ringkasan informasi mengenai sejarah dan wisata Candi Prambanan:

Sejarah Candi Prambanan:

1. Pembangunan:

Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh Wangsa Sanjaya, kerajaan Hindu yang berkuasa di Pulau Jawa. Candi ini didedikasikan untuk Trimurti, yakni tiga dewa utama Hindu: Brahma (Pencipta), Wisnu (Pemelihara), dan Siwa (Penghancur).

2. Penghancuran dan Restorasi:

Kerusakan akibat gempa bumi dan letusan gunung berapi menyertai sejarah Candi Prambanan. Pada abad ke-10, kerajaan mengalami kemunduran, dan Candi Prambanan ditinggalkan. Kemudian upaya restorasi dimulai pada awal abad ke-20 untuk mengembalikan candi ke kejayaannya. UNESCO mengakui situs ini sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1991.

Arsitektur Candi Prambanan:

1. Struktur Utama:

Terdiri dari sejumlah candi, dengan Candi Utama Shiva sebagai yang terbesar. Candi Shiva mencapai tinggi sekitar 47 meter dan dikelilingi oleh candi-candi lain yang dipersembahkan untuk Brahma dan Vishnu, serta candi-candi perwara.

2. Detail Arsitektur:

Arsitektur mencerminkan gaya Hindu dan India, dengan relief-relief menggambarkan kisah epik Hindu seperti Ramayana dan Mahabharata.

Wisata Candi Prambanan:

1. Pengunjung dan Kegiatan:

Candi Prambanan menjadi destinasi wisata populer, menarik perhatian pengunjung lokal dan internasional. Di Candi Prambanan, pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur candi, relief kuno, dan atmosfer sejarah yang kental.

2. Pagelaran Ramayana:

Pertunjukan tari Ramayana sering diadakan di sekitar Candi Prambanan pada malam hari yang menggambarkan kisah dari Ramayana dengan latar belakang candi yang megah.

3. Festival dan Acara Budaya:

Tempat ini juga menjadi tuan rumah berbagai festival dan acara budaya dan memberikan pengalaman yang lebih kaya bagi para wisatawan.

Candi Prambanan adalah situs sejarah dan budaya yang mengesankan di Indonesia, mencerminkan warisan Hindu yang kaya di Pulau Jawa. Bagi para pengunjung, ini merupakan peluang untuk menjelajahi sejarah, seni, dan spiritualitas Indonesia kuno.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image