Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Akbar Nurfadhillah

Manfaat Lari Pagi Bagi Tubuh

Olahraga | Tuesday, 30 Jan 2024, 10:03 WIB

Olahraga merupakan aktivitas yang penting kita lakukan di waktu luang karena dengan berolahraga kita dapat memberikan efek positif kedalam tubuh. Banyak sekali jenis olahraga namun ada yang mudah untuk dilakukan yaitu lari pagi atau jogging.

Sumber: Shutterstock

Lari pagi merupakan aktivitas olahraga dengan berlari-lari kecil dengan mengatur pernafasan. Lari pagi adalah olahraga yang mudah untuk di lakukan karena tidak memiliki modal banyak untuk memulai olahraga.

Lari pagi sangat banyak memiliki kekeuntungan, pasalnya pagi hari merupakan waktu yang baik dan memiliki banyak oksigen yang sangat berkualitas dan baik untuk sistem pernapasan bahkan baik untuk seluruh organ tubuh.

Kamu dapat memulai lari pagi dengan berlari-lari kecil terlebih dahulu atau disebut jogging, dengan mempertahankan tempo gerak, pernafasan, dan kecepatan agar tidak salah dan menyebabkan cidera.

Berikut manfaat lari pagi yang di dapat oleh tubuh :

1. Menguatkan kekebalan tubuh

Manfaat lari pagidapat menguatkan kekebalan tubuh. Olahraga yang ringan seperti jogging dapat meningkatkan meningkatkan kekuatan respon tubuh terhadap penyakit. Jogging juga dapat meningkatkan sel darah putih sehingga dapat memperkuat dan memperkebal.

2. Memperkuat tulang

Berlari di pagi hari membantu membangun tulang yang lebih kuat dan mencegah patah tulang. Ini mencegah kondisi seperti rheumatoid arthritis, osteoporosis, dan osteoartritis dengan menebalkan tulang. Selain itu, jogging memperkuat tulang belakang dan pinggul.

3. Membangun masa otot

Lari pagi juga mengencangkan dan menguatkan tubuh. Berlari memperkuat dan mengencangkan otot-otot besar. Ini bekerja sangat baik untuk otot gluteal, paha belakang, dan betis Anda, serta otot-otot penting lainnya. Berlari atau joging membantu menjaga otot dan persendian tetap besar dan fleksibel.

4. Memperbaiki pernafasan

Jogging atau lari pagi juga dapat memperkuat otot pernapasan dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Hal ini menjamin paru-paru secara efektif mengeluarkan karbon dioksida dan menyerap lebih banyak oksigen.

5. Baik bagi kesehatan jantung

Berlari di pagi hari adalah latihan kardiovaskular bagus yang membantu kesehatan jantung. Lari pagi memiliki manfaat kesehatan antara lain mencegah penyakit seperti gangguan jantung. Berlari menjamin darah dipompa ke jantung lebih cepat, sehingga menstabilkan tekanan darah. Joging pagi secara teratur juga membantu mengontrol kadar glukosa darah dan kolesterol.

6. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan menjadi keuntungan selanjutnya dari lari pagi. Jogging, lari, jalan kaki, dan keempat olahraga tersebut meningkatkan kesehatan jantung dan membantu menghindari obesitas.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat lari pagi yang pertama adalah meningkatkan kualitas tidur Anda di malam hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga pagi yang sederhana sekalipun, seperti jogging, dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang di malam hari.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image