Digitalisasi Pesantren Sebagai Kekuatan Ekonomi Warga Sarungan

Image
Dedik Afianto
Info Terkini | Wednesday, 12 Jan 2022, 19:10 WIB
Ilustrasi Pesantren

Jakarta, Pesantren sebagai lembaga pendidikan memiliki peran sentral di masyarakat. Dengan karakteristik tertentu, pondok pesantren sangat erat kaitannya dengan konsep bisnis dengan memberikan manfaat dari sisi sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Pesantren punya peluang besar dalam pengembangan perekonomian, perputaran ekonomi di pondok pesantren dengan menghitung semua transaksi di dalamnya, dalam satu bulan bisa mencapai 5 triliun rupiah.

Dengan asumsi belanja setiap santri putra, santriwati serta ustad adalah 1 juta/ bulan dengan jumlah santri/santriwati/ pengurus dan pengajar mencapai 5 juta orang di seluruh pesantren dan tersebar di 31 ribu pondok pesantren di Indonesia. Sumber: https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp/statistik. Belanja tersebut meliputi bea laundri, makan dan kebutuhan sehari-hari di dalam pondok. Hal ini memicu para pegiat ekonomi untuk melirik pesantren sebagai potensi yang tidak bisa dipandang sebelah.

Salah satu perusahaan yang getol memikirkan ekonomi warga nadliyin ini adalah PT. Bakti Investama Satu. Melihat peluang besar pesantren sebagai sebuah kekuatan ekonomi, PT. Bakti Investama Satu segera meluncurkan produk Module Intracs Yasatama payment gateway disingkat MIYPG, sebagai payment digital atau transaksi elektronik dalam rangkaian kesatuan proyek Digitalisasi pesantren.

Edi Junardi selaku CEO PT. Bakti Investama Satu menyampaiakan gagasanya, produk MIYPG ini diharapkan selain memberikan dampak ekonomi juga peningkatan sumber daya manusia kaum santri khususnya warga Nadiyin menuju dunia baru dan dunia tanpa batas.

Ditambahkan Ej sapaan akrab CEO PT. Bakti Investama Satu, para santri diharapkan melek revolusi Industri 4.0 yang dibangun di atas Revolusi Digital, mewakili cara-cara baru di mana teknologi menjadi tertanam dalam masyarakat. Berikutnya secara tidak langsung mendidik Nadhiyin untuk menjadi banking mainded dan mempunyai tabungan di lembaga perbankan “Lanjut EJ”.

PT. Bakti investama satu bekerjasama dengan Pengurus Besar Nadhatul Ulama segera meluncurkan proyek MIYPG digitalisasi pesantren. Proyek Ini rencananya akan perkenalkan kepada masyarakat pesantren kaum Nadiyin serta masyarakat Indonesia pada umumnya pada 1 Ramadhan 2022 ini. Selanjutnya sebagai tindak lanjut dari peluncuran proyek ini, PT. Bakti investama satu akan bekerjasama dengan pondok pesantren di seluruh Indonesia. (*)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Think creatively in every step towards creativity and always be optimistic..

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Rutan Kebumen Ikuti Penguatan Kehumasan, Sekjen Kemenkumham : Humas tidak akan memenangkan pertempur

Image

YTMP3: Konversi Lagu dari Video Musik Favorit di YouTube to MP3

Image

Sebarkan Ilmu Green Accounting, FEB Uhamka Kerjasama Dengan FEB UMT

Image

Tetap Semangat

Image

Malu Mencantumkan Sumber Bacaan

Image

Terus Berbenah, Rutan Rembang Lakukan Perawatan Bangunan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image