Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Peluang Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2024 Semakin Tipis

Olahraga | Wednesday, 24 Jan 2024, 13:06 WIB
Timnas Jepang diprediksi akan mudah mengalahkan timnas Indonesia di Piala Asia 2024/Foto : Bola

Posisi tim Indonesia yang ingin mengubah sejarah untuk pertama kalinya dan bisa masuk ke babak 16 besar Piala Asia semakin sulit, setelah tim Palestina menang telak melawan Hong Kong dengan skor 3-0. Palestina yakin punya peluang bagus untuk melaju ke babak 16 besar di antara tiga tim dengan rekor terbaik. Kemenangan atas Hong Kong membuat Palestina berada di urutan 3 dengan poin 4.

Palestina bersama Suriah yang berapa di grup C berada di urutan 3 berpeluang lolos 16 besar karena poin mereka 4. Sebelum pencinta sepakbola Indonesia berharap hasil pertandingan Palestina vs Hong Kong berakhir seri, karena dengan hasil seri maka apapun hasil pertandingan Indonesia vs Jepang tidak akan berpengaruh apapun.

Timnas akan lolos 16 besar walau kalah oleh Jepang berapapun skor nya. Disisi lain kemenangan Timnas palestina yang berhasil menundukkan Timnas Hongkong dengan skor 3 – 0 semakin membuat peluang timnas Indonesia semakin menipis. Kini tidak ada pilihan lain bagi Shin Thae Yong dan anak anak asuhannya.

Menang lawan Jepang akan membawa sejarah baru Indonesia lolos 16 besar sebagai runner up. Namun jika seri atau kalah maka Indonesia masih memiliki peluang tetapi berharap hasil pertandingan lain Bahrain dan Oman. Sebagai catatan, tim yang otomatis lolos 16 besar adalah juara grup dan runner up grup, sedangkan ada 4 tim urutan tiga terbaik yang masih berebut tiket 16 besar.

China menjadi urutan ketiga di grup A yang dipastikan gagal lolos 16 besar karena hanya memiliki 2 poin, tidak mungkin lagi menyusul Suriah, Palestina dengan poin 4, serta Indonesia dan Bahrain yang sama sudah mengumpulkan 3 poin.

Otomatis masih akan ada satu tim lagi yang akan gagal seperti China. Masih diperebutkan 5 tim lagi untuk menjadi urutan tiga terbaik agar melaju ke babak 16.

Dalam empat penampilan Timnas Indonesia, mereka belum pernah lolos dari babak penyisihan grup atau babak 16 besar. Bahkan tiga kali di seri terakhir, mereka tak pernah merasakan kemenangan.

Kecuali ditahun 2007, Timnas berhasil berada di urutan ke tiga, dengan poin 3 hasil satu menang, dua kalah. Meskipun begitu Timnas Indonesia hingga kini belum pernah lolos ke babak 16 besar piala Asia.

Kali ini peluang Indonesia lolos 16 besar masih ada harapan. Pencinta sepakbola Indonesia berharap pelatih Shin Tae yong mampu memecahkan rekor Timnas lolos 16 besar di Piala Asia 2024.

Pertandingan terakhir Timnas akan berhadapan dengan Jepang di stadion Al Thumama Qatar Rabu (24/4) pukul 18.30 WIB.

Jepang merupakan runner up grup D poin 3 hasil menang 4-2 dengan Vietnam dan Kalah lawan Irak 2-1. Memiliki selisih gol lebih baik dari Indonesia yang sama memiliki poin 3, hasil menang lawan Vietnam 1-0 dan kalah lawan Irak 3-1.

Diatas kertas dan prediksi sepakbola Jepang akan menang lawan timnas Indonesia, walau harapan rakyat Indonesia, timnas bisa menang, karena jika timnas menang sudah pasti lolos tetapi ada skenario lain Indonesia berpeluang lolos.

Jika laga Indonesia - Jepang imbang, peluang Indonesia jelas terbuka dengan harapan Bahrain kalah di laga terakhir dari Yordania atau Oman kalah atau seri di laga terakhir.Timnas Oman sendiri akan berhadapan dengan Kirgizstan.

Namun jika timnas Indonesia kalah apalagi kalah telak lebih dari 2 gol, akan sulit bagi timnas lolos, karena harapannya Bahrain kalah dengan gol yang banyak dari Yordania.

Harapan besar lainnya dari hasil pertandingan Oman. Timnas kalah tetapi Oman seri, maka Indonesia akan tetap lolos 16 besar. Oman saat ini baru memiliki poin 1 hasil seri 0-0 melawan Thailand dan kalah 2-1 lawan Middle easterner Saudi.

Timnas Indonesia akan gagal lolos 16 besar jika Bahrain seri atau menang, dan Oman menang. Tentu pencinta sepakbola Indonesia berharap Timnas Indonesia bisa lolos 16 besar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image