Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aulia Triana

Abang dan Semesta

Pendidikan dan Literasi | Wednesday, 24 Jan 2024, 11:41 WIB

Judul : Abang dan Semesta
Penulis : Sky
Penerbit : Autoren Publisher
Tahun terbit : 2021
Ukuran : 14 × 21 cm
Jumlah halaman : 582
Sky Sphire, panggil saja ia sky nama pena yang terlahir dari kecintaannya pada langit dan segala isinya. Lahir di Jakarta pada 27 September 2001, anak terakhir dari dua bersaudara. Memiliki hobi menulis dan menggambar, layar tabnya adalah saksi bisu dalam tiap torehannya. Ia bermimpi menjadi seorang penulis novel sejak duduk di bangku SMP, dan sejak itulah sky berhasil membuat novel yang berjudul "Abang dan semesta"
Ada sebuah keluarga yang terdiri dari 9 orang yaitu Ara, Alan, Rega, Alfin, Dissa (keempat abangnya) om Doni, ayah Jeffrey, bunda Hara. Di suatu pagi dimana hari pertama kali masuk sekolah SMA yang dimana sekolah SMA tersebut bareng dengan Ke 4 abangnya, mereka semua disambut oleh sarapan yang telah dibuat oleh Hara yaitu bunda nya, diselang waktu mereka sudah selesai bersarapan dan mulai beberes untuk berangkat sekolah.Dihari pertama Ara sekolah, ia mendapatkan 2 orang teman baru yang bernama Ratu dan Jinan, mereka akrab dengan cepat. Sebelumnya Alan tersebut banyak sekali perempuan yang disekolah menyukai dia, tetapi alan tidak perduli.
Di suatu pagi yang cerah, ada sebuah pertandingan bola basket dimana pertandingan tersebut dilaksanakan disekolah ara dan keempat abangnya. Keempat abangnya tersebut mengikuti pertandingan bola basket dan salah satu temannya, didalam pertandingan bola basket berkelompok dua tim, anggota masing² lima orang.Tiba saatnya mulai pertandingan, diawal mulai masih baik-baik saja, tidak ada yang melakukan kecurangan, saat di pertengahan lawan keempat abangnya melakukan kecurangan, ia sengaja menendang kaki alan agar terjatuh dan tidak memasuki bola ke ring basket, tapi tidak berhenti disitu saja Alan tidak menyerah ia terus berusaha agar bisa memasuki bola ke ring, dan akhirnya ia bisa masukan bola ke ring nya. Yang pada akhirnya mereka menang.
Tema dari novel Abang dan semesta ialah berjuang sampai dapat hasilnya, jika kita berjuang kita bakal dapat hasil yang kita sudah perjuangkan.Rega si putra sulung yang sangat dewasa dan pinter Alfin ialah si anak kedua yang tampan dan dermawan Dissa si laki-laki dengan hati pemaaf Alan yang dalam hidupnya penuh bahagia dan terakhir Ara yang sangat jail pada keempat abangnya. Alurnya maju, latar tempatnya di sekolah SMA, sudut pandang nya ialah orang pertama yaitu Alan. Amanat yang ada di dalam cerita tersebut berjuang sampai dapat hasilnya jika kita tidak berjuang kita tidak dapat hasil yang kita inginkan.
Kelebihan dari cerita ini adalah kata-kata nya mudah di mengerti, alurnya ga terlalu panjang dan tidak terlalu pendekKekurangan dari cerita ini adalah alurnya kependekan.Novel ini cocok dibaca oleh remaja sekolahan.

TEKS ULASAN INI DI BUAT OLEH MELINDA AI NAFTALIA KELAS VII-G SMPN 5 KARAWANG BARAT

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image