Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alexander Abdullah

Ini Dia Pembangkit Listrik Bertenaga Sampah Pertama di Indonesia

Teknologi | Sunday, 21 Jan 2024, 11:48 WIB

Sampah di Surabaya semakin menumpuk dan menyebabkan aliran Sungai Kalianak di wilayah Asemrowo dan Krembangan menyempit. Terdapat pula sebuah klaim yang menyebutkan lebih dari setengah dari sampah yang dihasilkan oleh warga kota Surabaya tidak berujung di tempat pembuangan.

SUmber gambar : https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/pltsa-benowo-sumbang-122-04-gwh-energi-bersih-di-jatim

Oleh sebab itu, pemerintah mendorong untuk agar dapat mempercepat pembangunan instalasi pembangkit listrik berbasis teknologi ramah lingkungan. Pemerintah, dalam hal ini, Presiden Jokowi mengungkapkan rencana mendorong PLTSa tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 35 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan. "(Penerbitan Perpres) Untuk memastikan Pemda itu berani mengeksekusi. Dulu takut mengeksekusi karena dipanggil kejaksaan, kepolisian, KPK, karena payung hukumnya yang tidak jelas, sehingga memutuskannya sulit,"

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi pada Kamis, 6 Mei 2021 meresmikan PLTSa Benowo. Diharapkan PLTSa Benowo. Presiden diajak menuju lantai 3 dan lantai 6. Di lantai 3, Jokowi akan melihat langsung bagaimana proses mesin bekerja mengolah sampah menjadi listrik.

Pembangunan PSEL Benowo yang dimulai sejak 2012 itu menggandeng PT Sumber Organik. Saat itu proses mengolah sampah menjadi listrik masih menggunakan metode Landfill Gas Power Plant. "Dengan metode ini, PSEL mampu menghasilkan energi listrik 2 Megawatt dari 600 ton sampah per hari," kata Anna.

Seiring berjalannya waktu, pada 2015 pemkot dan PT Sumber Organik ini mulai menggunakan metode Gasification Power Plant untuk mengolah sampah menjadi listrik. Target awalnya, pada 2020 melalui metode ini sudah dapat mengolah sampah menjadi listrik.

Namun, karena ada pandemi Covid-19, proses komisioning atau pengujian oleh tim ahli dari luar negeri terpaksa diundur. “Alhamdulillah pada 10 Maret 2021 kemarin sudah proses. Jadi sudah bisa menghasilkan listrik 9 Megawatt dari setiap 1000 ton sampah per hari," ujar dia.

PSEL Benowo, kata Ana, bakal menjadi pilot project proyek strategis nasional. Sebab, di Indonesia baru pertama kali ini ada instalasi pengolahan sampah terbesar menjadi energy listrik. "Jadi ini Insya Allah bakal menjadi pilot project nasional," kata Anna mengenai proyek pembangkit yang akan diresmikan Jokowi itu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image