Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aurel Khallisha

Resensi Novel Cinta Farel

Pendidikan dan Literasi | Sunday, 21 Jan 2024, 10:02 WIB

Cinta Farel

Judul buku : Cinta Farel
Penulis : Keenan shazahda
Penerbit : Euthonia
Tahun Terbit : 2016
Halaman : 132 halaman
ISBN : 978-602-398-007-9

Menurut pendapat pribadi saya, saya mengulas novel ini karena memiliki bahasa yang mudah di mengerti dan cukup layak dibaca di kalangan remaja zaman sekarang karena novel ini menggunakan bahasa sehari hari hingga dapat mudah di mengerti.

Canan harus menyesali perilakunya yang tidak menghargai kehadiran Farel selama ini.

Persahabatan dengan lawan jenis memang beda tipis dengan percintaaan, Canan tidak lagi menyesali, namun menerimanya dengan ikhlas semua ketulusan cinta kasih Farel yang di rasanya tetap utuh. Meski mereka kini telah terpisah ruang, jarak, dan waktu.

Novel "Cinta Farel" bertema kisah persahabatan yang mengandung percintaan, dengan tokoh:
-Canan : baik hati,sifat yang seperti anak kecil, dan ketergantungan orng lain
-Farel : Penyabar, pengertian, ikhlas
-Salim : tidak memikirkan perasaan pasangan sendiri
-ibu canan : penyabar, penyayang
-Zein : dewasa
-elma : pendengar yang baik
-ibu farel : baik hati
-ayah farel : Kasar
-Bella : perusak pertemanan

Alur dari novel "Cinta Farel" adalah campuran (maju dan mundur) dengan berlatar Turki (bayeglu istanbul dan rumah) dan Masa masa kuliah amanat yang dapat diambil dari novel "Cinta Farel" adalah kita dapat mempelajari bahwa:
"Tidak selamanya kita harus menceritakan sesuatu hal seperti kejadian, mencintai seseorang atau masalah kita sendiri kepada orang lain karena kita tidak mengetahui jikalau kita menceritakan itu semua mungkin orang yang menjadi pendengar bisa saja merasa sakit hati dan bahkan bisa saja secara perlahan akan meninggalkan kita"

Kelebihan-kelebihan dalam novel ini adalah Bahasa yang di gunakan baik, alur cerita menarik dan mudah di mengerti, Tidak mengandung unsur unsur negatif atau di atas usia 20+ dan mengandung nilai moral dan sosial, dan kekurangan nya adalah terlalu banyak kalimat langsung dan terlalu dramatis(orang yang tidak terlalu menyukai genre drama)

Seperti yang saya bilang di awal buku novel ini mungkin sangat cocok di kalangan remaja jaman sekarang atau di atas usia 14+

Ulasan ini dibuat oleh Refan Al-Rasyiq Hafuza Kelas Vlll - i SMPN 5 Karawang Barat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image