Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image karina aprilita

Melukis Kisah Persahabatan dan Bola Basket

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 20 Jan 2024, 09:25 WIB

Judul Buku: Lovasket

Pengarang: Luna Torashyngu

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit: 2007

Tebal Halaman: 312

Ukuran Buku: 13.5 cm × 20 cm

Nomor ISBN: 978-979-22-2949-3

Tak terasa dalam 3 tahun sejarah penerbitan karyanya di GPU, Luna sudah menerakan angka 9. Pukul rata itu berarti ada 3 buku pertahun. Tak heran, namanya pun mulai dikenal akrab dikalangan pencinta Teenlit Indonesia. Polling majalah GADIS bahkan memilihnya jadi salah satu dari tiga pengarang cerita remaja lokal yang paling ngetop.

Menceritakan tentang hidup Vira yang hancur ketika ayahnya dituduh melakukan korupsi dan harus dipenjara. Mendadak Vira kehilangan harta benda, kedudukannya sebagai ketua geng The Roses, teman-teman, pacar bahkan dia dikeluarkan dari sekolahnya, SMA Altavia, SMA paling elite di Bandung. Dia merasa tidak ada gunanya punya teman lagi, karena terbukti teman-teman hanya mendampinginnya saat dia berada pada puncak hidupnya.

Niken adalah Ketua OSIS SMA 31, SMA kecil di pinggiran Bandung, SMA 31 memutuskan akan memangkas anggaran ekskul sehingga ekskul-ekskul yang tidak berprestasi akan dihapuskan. Ini jadi tugas besar bagi Niken: dia harus menyeleksi ekskul mana yang dipertahan dan mana yang harus dihapus. Diantara dilema besar ini, Niken menemukan salah satu cara untuk menyelamatkan ekskul Basket. Mungkin kalau dia bisa membujuk murid baru itu untuk bergabung dengan ekskul Basket, ekskul ini bisa selamat. Selain itu, mungkin Niken juga bisa membuat murid baru kelihatan depresi itu jadi kelihatan ceria. Mungkin Niken bisa membuat Vira tersenyum lagi...

Tema cerita pada novel ini bertema persahabatan dan perjuangan. Alurnya maju karena melalui berbagai peristiwa dan rintangan secara berturut-turut. Setiap tokoh memiliki peran masing-masing, seperti sang tokoh utama: Vira yang berperan sebagai protagonis dan penuh semangat, Niken berperan sebagai protagonis dan penuh tanggung jawab, Rei berperan sebagai protagonis dan ramah, Amel berperan sebagai protagonis dan menyayangi teman-temannya, Stella berperan sebagai antagonis dan sombong meremehkan orang lain, serta Mamah Vira berperan sebagai protagonis dan perhatian.

Latarnya di SMA Altavia dan SMA 31 di Bandung. Dengan sudut pandang orang ketiga serba tahu, karena pengarang tahu semua sifat dari para tokoh. Amanat yang kita dapatkan dalam novel ini yaitu: jangan memandangan remeh kepada orang lain sebelum melihat kemampuan sebenarnya, jangan bersikap iri dan dengki pada kelebihan yang dimiliki orang lain, tetep bersabar dan tawakal.

Kelebihan dalam novel ini ialah plot yang menarik, perubahan karakter, gaya bahasa yang menawan, pesan yang kita dapat, puncak drama komedi dan kehidupan sehari-hari. Sedangkan kelemahan nya adalah sedikit sekali membahas kisah asmara karena novel ini terlalu kental dengan basket.

Novel ini cocok dibaca oleh remaja, untuk semangat lebih serta jangan pandang rendah ke orang. Dan mengisahkan tentang perjuangan per-sahabatan untuk remaja-remaja.

Ulasan ini dibuat oleh Karina Aprilita kelas VIII-G SMPN 5 Karawang Barat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image