Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Investasi Komplit untuk Beragam Tujuan

Gaya Hidup | Tuesday, 11 Jan 2022, 17:21 WIB

Hingga saat ini masih ada banyak orang yang bingung dalam memilih investasi yang cocok. Padahal, saat ini sudah ada pilihan investasi yang komplit untuk beragam tujuan. Seperti diketahui, yang namanya investasi itu memang harus konkret dan nyatanya ada banyak tujuan konkret yang dimiliki tiap orang.

Contoh konkret tujuan investasi itu kayak lanjut kuliah, biaya pernikahan, beli kendaraan, beli mobil, beli rumah, liburan keluar negeri hingga menyiapkan dana pensiun agar keuangan di hari tua terjaga.

Tujuan investasi yang konkret seperti ini justru akan memudahkan dalam memilih instrumen investasi yang paling cocok dan ideal. Nah, salah satu investasi komplit untuk berbagai tujuan seperti ini adalah reksa dana.

Reksa dana bisa mengakomodir berbagai tujuan investasi. Tujuan investasi yang biasanya sejalan dengan waktu pencapaian tinggal disesuaikan dengan jenis reksa dananya dan jenis-jenis reksa dananya ini tinggal dipilih.

Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund) cocok bagi investor yang mempunyai jangka waktu pencapaian investasi pendek kurang dari 1 tahun

Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund) yang cocok bagi investor yang tujuan investasinya tercapai antara 1 sampai 3 tahun

Reksa Dana Campuran (Balanced Fund) yang cocok bagi investor yang mempunyai jangka waktu pencapaian investasi menengah antara 3 sampai 5 tahun

Reksa Dana Saham (Equity Fund) yang cocok untuk investor yang mempunyai jangka waktu investasi panjang antara 5 sampai 10 tahun.

Nah, beragam pilihan instrumen investasi ini tinggal disesuaikan dengan tujuan konkret di atas dan kapan mau dicapainya. Misalnya, ingin menyiapkan dana untuk liburan ke luar negeri 2 tahun ke depan maka tinggal memilih jenis Reksa Dana Pendapatan Tetap. Cukup mudah.

Menariknya, investasi reksa dana saat ini sudah sangat mudah dan terjangkau tak seperti di masa lalu. Investasi reksa dana sudah full digital berbasis aplikasi semisal melalui aplikasi IPOT besutan Indo Premier Sekuritas yang didalamnya sudah disematkan platform IPOTFund.

IPOTFund sebagai supermarket reksa dana online terbesar di Indonesia kini menjajakan 273 produk reksa dana dari 43 Manajer Investasi (MI).

IPOTFund dengan beragam reksa dana ini akan dengan mudah memenuhi berbagai tujuan konkret investasi. Enaknya lagi, investasi reksa dana juga nggak seribet yang dibayangkan karena setelah dibeli, investor tinggal duduk manis atau rebahan karena sudah ada Manajer Investasi yang mengelola dananya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image