Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anaya Balqis Naila

Lail dan Hujan

Pendidikan dan Literasi | Wednesday, 17 Jan 2024, 08:47 WIB

Judul Buku: Hujan

Penulis: Tere Liye

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit: 2016

Jumlah Halaman: 320 halaman

ISBN: 978-602-03-2478-4


Buku "Hujan" karya Tere Liye ini banyak di rekomendasikan dan banyak peminatnya. Tere Liye kerap memenangkan prestasi seperti IKAPI AWARD 2016, Islamic Book Award 2017, Buku Islami Terbaik Fiksi Dewasa. Buku ini menarik untuk dibaca karena memiliki latar waktu masa depan yaitu tahun 2042-2050, sehingga membuat buku ini menjadi menarik dan seru.

Menceritakan seorang gadis perempuan berusia 21 tahun bernama Lail yang memiliki kenangan buruk pada saat hujan dan ingin melupakannya.

Lail mulai menceritakan kisah hidupnya 8 tahun lalu yang menyedihkan. Ia kehilangan ibu dan ayahnya oleh bencana alam yang mematikan. Tidak banyak orang yang selamat saat bencana alam itu terjadi.

Hingga akhirnya Lail bertemu dengan pemuda bernama Soke Bahtera. Esok adalah salah satu orang yang selamat dari bencana alam tersebut. Mereka berteman dengan sangat baik.

Awalnya Lail menganggap Esok hanya sebagai kakak saja. Namun semakin lama, semakin dekat, Lail mulai menaruh rasa kepada Esok dengan perasaan yang abu-abu. Esok sendiri sudah mencintai Lail jauh sebelum Lail mencintainya.

Cerita pada buku ini bertemakan tentang persahabatan, kisah kasih dan melupakan. Buku ini memiliki tokoh dengan watak yang berbeda-beda. Lail yang memiliki sifat pendiam, mudah menyerah dan sedikit keras kepala. Esok memiliki sifat keingintahuan yang besar, cerdas, penyayang. Maryam yang juga tak kalah ceria dan penyayang ia juga bisa keras kepala. Dan terakhir Claudia memiliki sifat tidak mau kalah.

Buku ini memiliki alur maju mundur. Karena dibagian awal halaman, menceritakan tentang Lail yang berusia 21 tahun pergi ke Paramedis Terapi Pusat Otak Saraf untuk melupakan semua tentang kenangan buruk yang menimpanya 8 tahun lalu.

Latar pada buku novel "Hujan" berlatarkan masa depan yaitu pada tahun 2042-2050 di sebuah kota yang pernah terkena bencana besar. Pada saat itu Lail berusia 13 tahun dan Esok berusia 15 tahun.

Amanat yang terkandung dalam novel "Hujan" karya Tere Liye adalah jangan pantang menyerah terhadap suatu masalah karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

Kelebihan buku Hujan memiliki alur yang menarik karena bisa mengasah imajinasi, dan menggunakan gaya bahasa sehari hari yang mudah dipahami. Tapi sayang sekali, konflik pada buku ini cukup berat. Cover buku sedikit kurang menarik untuk dilihat, dan beberapa cerita masih ada yang menggantung.

Buku ini sangat direkomendasikan untuk umur 15+ keatas dan dewasa. Jika suka membaca cerita mengenai latar waktu masa depan, buku ini sangat di rekomendasikan. Karena dapat mengasah imajinasi kita sehingga membuat buku ini menjadi lebih menarik dan seru.

Ulasan ini dibuat oleh Anaya Balqis Naila kelas VIII-I SMPN 5 Karawang Barat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image