Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image dian islami

Inklusi Keuangan BRI, Bank Terbesar di Indonesia

Info Terkini | Tuesday, 16 Jan 2024, 01:37 WIB

Public Affairs merupakan hubungan antara sebuah organisasi atau perusahaan dengan para stakeholdernya. Stakeholder merupakan individu atau kelompok yang memiliki kepentingan tertentu dengan perusahaan atau organisasi. Setiap stakeholder tentunya memiliki kepentingannya masing-masing. Maka dari itu, tujuan utama para pelaku Public Affairs adalah memberikan penjelasan kepada mereka seputar organisasi. Hal itu berlaku baik mengenai tujuan bisnis, peraturan perusahaan, pandangan perushaan terhadap peraturan publik, hukum yang berlaku, dll. (Humaira Aliya, 23 Des 2020).

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja tanggal 16 Desember 1895.

Visi: The most valuable banking group in southeast asia and champion of financial inclusion. Artinya: Grup perbankan paling berharga di Asia Tenggara dan juara inklusi keuangan.

Misi: Memberikan yang terbaik, melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada segmen mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.

Tujuan utama kebijakan moneter yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia adalah untuk mencapai stabilitas nilai Rupiah, menjaga stabilitas sistem pembayaran, dan berkontribusi dalam menjaga stabilitas sistem keuangan dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan sebagaimana tercantum dalam pasal 7 UU No. 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah disebutkan beberapa kali. terakhir diubah dengan UU No. 4 Tahun 2023 tentang Pembangunan dan Penguatan Sektor Keuangan. Yang dimaksud dengan “stabilitas nilai Rupiah” adalah stabilitas harga barang dan jasa serta nilai tukar Rupiah.

Konsep stabilitas nilai Rupiah mencakup stabilitas harga barang dan jasa serta nilai tukar Rupiah. Stabilitas harga barang dan jasa umumnya diukur dengan inflasi yang rendah dan stabil. Sedangkan kestabilan nilai tukar Rupiah diukur dari kestabilan nilai Rupiah terhadap mata uang negara lain. Stabilitas nilai Rupiah dalam arti inflasi yang rendah dan stabil, serta stabilitas nilai tukar Rupiah, sangat penting untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Stabilitas nilai tukar rupiah diperlukan dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya mendukung tercapainya inflasi yang rendah dan stabil.

Menurut World Bank (2016) inklusi keuangan adalah akses terhadap produk dan layanan jasa keuangan yang bermanfaat dan terjangkau dalam memenuhi kebutuhan masyarakat maupun usahanya dalam hal ini transaksi, pembayaran, tabungan, kredit dan asuransi yang digunakan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Untuk mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia, BRI melakukan berbagai langkah strategis. Misalnya pada tahun 2016 BRI meluncurkan satelit bernama BRIsat. BRI merupakan bank pertama di dunia yang memiliki satelit sendiri untuk mendukung kegiatan operasional. Peluncuran satelit ini memungkinkan BRI menjangkau seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah terpencil, sehingga pertumbuhan ekonomi dapat menjangkau daerah-daerah tersebut.

Kasus dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan penggunaan rekening dan kredit nasabah pada bank BRI KC Pangkep 2016-2022 telah ditingkatkan dari tahap penyelidikan ke tahap penyidikan. Hal itu disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Pangkep Toto Roedianto dalam press release yang berlangsung di ruang pusat pertemuan Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Pangkep, Jln Sultan Hasanuddin, Kecamatan Pangkajene. Berdasarkan ekspose bersama Tim Jaksa Penyelidik dengan Tim Adhoc pemeriksaan tim adhoc RO BRI Makassar ditemukan potensi kerugian keuangan negara kurang lebih sebesar Rp 2.246.111.796, dengan indikasi pelanggaran atau penyimpangan dalam pelaksanaan penyaluran kredit KUR/RITEEL pada BRI Cabang Pangkep, ungkap Toto Roedianto.

Pada kasus ini, kata Toto Roedianto, tersangka melancarkan aksinya dengan modus penggunaan garis penguasaan rekening dan kartu ATM nasabah sejak 7 Maret 2016 hingga 31 Desember 2022. Kredit yang digunakan sebagian oleh debitur dan sebagian digunakan oleh orang lain atau yang biasa disebut dengan kredit tampilan, ujarnya. Selanjutnya, tersangka melakukan pengajuan kredit dengan menggunakan nama orang lain dan uangnya dikuasai atau digunakan seluruhnya oleh orang lain yang bukan debitur atau yang biasa disebut dengan kredit topengan. Penyalahgunaan setoran dari debitur melalui rekening penampungan EDC Collection kanca BRI Pangkep, tambah Toto Roedianto.

Lanjut diterangkan, indikasi awal adanya barang bukti dan penyidik akan mencari lagi minimal dua alat bukti untuk bisa menjerat tersangka yang berperan dalam memuluskan kredit ini. Berdasarkan alat bukti nanti akan terbukti pihak-pihak mana yang akan terlibat nanti kita akan expose pada saat kita menemukan dua alat bukti yang cukup, ujarnya. Kami juga masih menunggu hasil spesial audit yang kami mintakan ke SPII di wilayah BRI, mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama sudah ada edukasi di atas kerugian negara pada hasilnya nanti kita akan buka tiap-tiap mana yang terlibat pada penyaluran kreditnya, tambahnya. Dikatakan Toto, pihaknya hanya akan menindak jika terjadi indikasi merugikan keuangan negara lantaran ini Bank BRI mengelola uang negara. Kami harapkan ke depan tidak akan terjadi lagi praktik-praktik yang seperti itu, pungkas Toto Roedianto. (https://kejari-pangkep.go.id/news/breaking-news/kasus-korupsi-kredit-fiktif-bank-bri-kc-pangkep-capai-rp2-miliar-lebih/87).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image