Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image tegar syaputra

INVESTASI TANAH UNTUNG ATAU BUNTUNG ?

Agama | Tuesday, 11 Jan 2022, 06:28 WIB

Abstrak

Berbicara investasi, istilah ini berkaitan erat dengan keuangan dan ekonomi, berikut akumulasi suatu bentuk aktiva dengan harapan mendapat keuntungan di masa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal. Investasi memang menjanjikan keuntungan, namun investor juga harus jeli melihat kelebihan dan kekurangan investasi miliknya.Jenis investasi yang biasa ditemukan di Indonesia cukup beragam. Mulai dari mata uang asing, perhiasan, saham, deposito, obligasi, barang-barang antik, hingga properti. Bagi Anda yang tertarik berinvestasi di bidang properti khususnya tanah, rupanya ada beberapa hal yang perlu dipastikan sebelum membeli. Utamanya, mengecek legalitas kavling tersebut bebas dari free, clean, dan clear.Free artinya bebas sengketa, dimana nama pemilik sesuai dengan yang tertera di sertifikat tanah. Clean, artinya tanah tersebut tidak sedang digunakan untuk kegiatan ekonomi lain atau ditempati oleh orang lain yang tidak berhak. Sementara clear artinya ukuran tanah tersebut tepat, seperti yang tertera di sertifikat, serta cocok batas-batasnya.Serupa dengan jenis penanaman modal lainnya, berinvestasi tanah kavling juga memiliki sisi plus dan minus tersendiri. Apa saja contohnya?

A . Pendahuluan

Dalam fiqh Islam disebut sewa menyewa disebut ijarah. Al-ijarah menurut bahasa berarti “al-ajru” yang berarti al-iwadu (ganti) oleh sebab itu as-sawab (pahala) dinamai ajru (upah). Menurut istilah, al-ijarah ialah menyerahkan (memberikan) manfaat benda kepada orang lain dengan suatu ganti pembayaran. Sehingga sewa menyewa atau ijarah bermakna akad pemindahan hak guna/manfaat atas suatu barang/jasa, dalam waktu tertentu dengan pembayaran upah sewa (ujrah), tanpa diikuti pemindahan kepemilikan atas barang itu sendiri.

B. Permasalahan

Berbicara soal investasi investasi khusunya dibidang tanah cukup menjanjikan pasalnya harga tanah setiap tahunn cenderung naik , oleh sebab itu bisnis bisnis dibidang tanah banyak sekali peminatnya . gencarnya program infrastuktur kebutuhan akan tempat tinggal pun tidak ada habisnya alasan ini menjadi salah satu alasan investasi tanah semakin bonafide .perlu diketahui tidak semua tanah layak djadikan investasi apabila salah melangkah tanah yang awalnya hendak menjadi tabungan jangka panjang justru tidak menghasilkan apa-apa bahkan merugikan .

Di era modern investasi property berupa bangunan atau apartemen , investasi emas , sahham , sampai tanah terus berkembang pesat , uniknya investasi tanah masih mampu bersaing dengan berbagai bentuk investasi lainnya karena dinilai menguntungkan .

C . Pembahasan

Dalam berinvestasi tentu nya dibutuhkan pemahaman guna menghindari kerugian , perlu diperhatikan beberapa syarat tanah yang layak di investasikan :

1 . Kelengkapan legalitas

Legalitas adalah hal penting dan tidak boleh disepelekan . Apabila hendak membeli tanah cobalah untuk memperhatikan status dan landasan hukumnya , seperti hak guna usaha ( HGU ) dan hak guna bangunan ( HGB ) . Anda bisa meminta bantuan jasa notaris untuk memeriksa legalitas tanah sebelum mengurus sertifikasi hak milik ( SHM ) segala hal terkait legalitas penting untuk diperhatikan guna menghindari masalah hukum seperti sengketa hukum .

2 . Lokasi yang strategis

Lokasi yang strategis Lokasi strategis jadi salah satu faktor tanah memiliki nilai investasi yang tinggi. Tanah dengan lokasi yang strategis, akses yang memadai, serta infrastruktur yang lengkap bisa memiliki nilai jual tinggi. lahan seperti ini juga dapat dimanfaatkan untuk membangun rumah, ruko, kos-kosan, apartemen, atau jenis properti lainnya yang mendatangkan keuntungan. Prospek kenaikan harga Supaya memeroleh keuntungan yang maksimal, pahamilah data kenaikan harga tanah per tahun. Umumnya, kenaikan harganya sekitar 5% hingga 20%. Lokasi yang strategis juga bisa mempengaruhi nilai jual tanah menjadi lebih tinggi. Apabila tanah berada di area terpencil, Anda bisa menggali informasi terkait prospek pembangunan infrastruktur sekitar lahan. Informasi ini dapat diperoleh di dinas tata kota setempat .

3 . Prospek kenaikan harga

Supaya memeroleh keuntungan yang maksimal, pahamilah data kenaikan harga tanah per tahun. Umumnya, kenaikan harganya sekitar 5% hingga 20%. Lokasi yang strategis juga bisa mempengaruhi nilai jual tanah menjadi lebih tinggi. Apabila tanah berada di area terpencil, Anda bisa menggali informasi terkait prospek pembangunan infrastruktur sekitar lahan. Informasi ini dapat diperoleh di dinas tata kota setempat. 4 . Keuntungan investasi tanah

keuntungan yang bisa diperoleh calon investor yang hendak berinvestasi tanah. Salah satunya harganya yang relatif meningkat tiap tahunnya. Namun, ada banyak faktor yang memengaruhi tingkat kenaikan harga apakah tinggi atau rendah, salah satunya lokasi. Tanah yang berada di wilayah berkembang tentu akan lebih mudah mengalami peningkatan harga yang signifikan, begitu pun sebaliknya.

5 . Biaya perawatan yang terjangkau

Investasi tanah memerlukan biaya perawatan pula, seperti produk properti lainnya. Salah satunya adalah biaya keamanan agar tanah Anda aman, terutama dari aksi penyerobotan lahan. 6 . Nilai tambah

Punya tanah kosong bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal sehingga bisa menjadi penghasilan pasif atau passive income bagi pemiliknya. Anda bisa membangun ruko untuk usaha, membuat perumahan berbentuk klaster atau kavling, kos-kosan, dan lainnya. Selain itu, tanah kosong juga bisa dimanfaatkan sebagai lahan parkir atau bercocok tanam sembari menunggu kenaikan harga tanah mencapai atau melebihi target investasi. Dengan begitu, Anda dapat menghasilkan profit yang sesuai ketika dijual. 7 . Sulit hilang

Tidak seperti aset lainnya, sifat tanah yang tetap alias tidak berpindah-pindah membuat risiko kehilangan tanah menjadi kecil. Syaratnya, pemilik menyimpan kelengkapan surat dan sertifikat kepemilikan. Sedikit kompetitor Tidak seperti rumah, ruko, atau apartemen, penjualan tanah kosong cenderung lebih cepat karena hanya memiliki sedikit kompetitor.

8 . Sedikit kompetitor Tidak seperti rumah, ruko, atau apartemen, penjualan tanah kosong cenderung lebih cepat karena hanya memiliki sedikit kompetitor Walaupun bisa menjadi passive income dengan menyewakan tanah kosong sebagai temppat pernikahan , parker , lahan usaha kaki lima dan sebagaianya , tetapi hal tersebut bersifat musiman . Investasi tersebut tidak dapat menjadi sumber penghasilan tetap . Apalagi jika tanah tersebut kosong selama berulan – bulan atau bertahun – tahun m maka investasi tersebut akan terasa kurang bermanfaat . Selain sulit dijadikan sumber penghasilan tetap , tanah juga memiliki beberapa resiko kerugian diantara nya :

1 . Perlu modal besar

Investasi tanah memang memerlukan modal yang besar, sebab keuntungan yang ditawarkan dikemudian hari juga tinggi. Terlebih untuk tanah yang berada di lokasi strategis, tentu butuh modal yang tidak sedikit.

2 . Risiko penyerobotan

Penyerobotan tanah marak terjadi, apalagi jika tanah tersebut jarang diawasi, dirawat, atau sekadar dikunjungi. Penyerobotan dapat berupa pemanfaatan lahan tanpa seizin pemiliknya, seperti mendirikan bangunan tidak tetap, dijadikan lahan parkir, hingga pengurangan luas tanah.

3. Ketelitian terhadap legalitas

Pembelian tanah perlu memperhatikan segala dokumen legalitas terkait agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Calon investor perlu memastikan apakah tanah yang hendak dibeli sudah memiliki status kepemilikan dan legalitas yang solid atau justru sebaliknya.

4. Minimnya kredit tanah Saat ini, fasilitas kredit pemilikan tanah (KPT) dan kredit kepemilikan lahan memang sudah mulai beredar. Hanya saja, jumlahnya masih terbilang sedikit. D . Kesimpulan

Jadi , secara garis besar, investasi properti yang merugi memiliki dua kesamaan. Pertama, tanpa disertai rencana keuangan yang matang. Kita tahu, properti adalah salah satu barang yang harganya tinggi. Maka, perlu direncanakan karena sifatnya jangka panjang. Selain itu, properti juga bukan instrumen investasi yang likuid. Jika anda ingin investasi yang mudah cair, instrumen saham atau emas bisa jadi pilihan.

Kedua, tanpa didahului riset yang komprehensif. Nilai properti sangat dipengaruhi oleh kebijakan tata ruang yang disusun pemerintah. Kebijakan ini ada perubahan pada masa tertentu. Selain itu, investasi ini dilakukan dengan proses jual beli, akan ada pajak yang tidak sedikit nilainya.

Untuk menghindari kerugian investasi properti, maka ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.

Pertama, rencanakan investasi dengan matang. Misalnya, dana apa yang akan Anda pakai untuk membeli properti? Apakah dana cash atau Anda hanya memiliki uang muka saja? Jika Anda membeli properti dengan tunai, apakah Anda memiliki dana darurat? Jika Anda membeli dengan KPR, apakah Anda memiliki keamanan dalam pendapatan?

Kedua, riset terkait tata ruang dan pajak. Sebuah properti akan makin naik nilainya jika di kemudian hari properti itu berada di wilayah yang strategis. Kondisi strategis saat ini, bisa berubah dalam jangka lima tahun kemudian karena perubahan tata ruang pada kebijakan pemerintah. Untuk itu, perlu Anda riset bagaimana rencana tata ruang ke depan.

Untuk pajak, juga perlu Anda ketahui. Kebijakan pajak progresif bagi kepemilikan properti lebih dari satu unit juga akan membebani keuangan Anda. Di sisi lain, pajak-pajak lainnya perlu Anda tahu agar tak menyesal kemudian.

Ketiga, prinsip investasi adalah beli murah, jual mahal. Maka, carilah properti dengan harga yang murah. Ingat harga yang murah, bukan harga yang rendah. Harga yang murah ini bisa Anda tahu dengan membandingkan dengan rata-rata harga pasar. Jika lokasi properti itu strategis dan harganya di bawah harga pasar, maka perlu dipertimbangkan.

Keempat, ketahui pula bagaimana legalitas properti yang hendak Anda beli. Banyak properti memang dijual dengan harga rendah karena memang masih dalam sengketa atau tak disertai legalitas. Di sisi lain, Anda perlu juga memastikan bagaimana lingkungan di sekitar properti tersebut. Apakah dekat dengan fasilitas strategis. Misalnya kantor pemerintah, kampus, sekolah, pusat perbelanjaan, atau akses tol. Apakah bebas banjir, bagaimana angka kejahatan di lingkungan sekitar, atau adakah pencemaran lingkungan di daerah tersebut. Sebab permasalahan berikut akan menentukan likuiditas investasi properti Anda.

Kelima, susun skema investasi Anda. Apakah Anda membeli memang untuk langsung dijual kembali. Jika skemanya seperti ini, berapa nilai kenaikan properti per tahunnya. Apakah lebih tinggi dari instrumen lain. Jika Anda mau mengambil keuntungan dengan cara menyewakannya, sekarang bisa dikelola dengan investasi properti online. Tapi ingat, perlu Anda hitung apakah nilai sewanya sebanding dengan dibandingkan dengan nilai pembelian properti lebih kecil dari bunga deposito. Jika Anda nilai sesuai, maka bisa pilihan menyewakan bisa anda ambil.

E . Saran

Sebagai kaum muda intelektual tentu nya kita perlu memahami investasi secara mendalam dan juga menyeluruh agar tidak terjadi kerugian , Passive income sangat penting untuk kehidupan di masadepan tentu nya dengan pemahaman dan ilmu yang cukup untuk merealisasikan hal tersebut .

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image