Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhamad Rifai

Dampak Eksistensi di Dunia Cyber

Teknologi | Sunday, 09 Jan 2022, 19:39 WIB

Dunia cyber (cyberpace ) atau yang sering kita dengar dengan dunia maya merupakan media elektronik dalam jaringan komputer sehingga banyak pengguna yang memakai dengan secara tidak baik.

Pertama kali kata " cyberpase" diperkenalkan oleh penulis fiksi ilmiah,menurut NEUROMANCER 1984 ,yang menyebutkan bahwa cyberpase ialah istilah dari refresentasi grafis dan data .

Dalam hal ini bahwa teknologi dunia cyber merupakan media yang tetap mengandalkan control penuh dari user atau penggunanya .hal ini secara aspek komunikasi ,MARE SMITH mengatakan secara jarak bahwa tidak mempengaruhi proses komonikasi maupun interaksi.

Apalagi dengan pada zaman sekarang ini dunia cyber atau dunia maya semakin berkembang dengan teknologi Komunikasi dan jaringan komputer yang semakin banyak penggunanya.

Adanya teknologi seperti ini dapat mempengaruh besar dalam kehidupan sehari hari.dengan itu, tidak jarang ada oknum maupun hal yang patut untuk memaanfaatkanya,sehingga perkembangan teknologi bisa dilakukan dengan kejahatan yang sangat tidak pantas ,hal itu disebut juga dengan cyber crime.

cyber crime adalah kejahatan komputer dengan tindakan ilegal menggunakan teknologi komputer .sehingga pencurian dilakukan dengan perangkat lunak dan manipulasi data ,pengaksesan sistem komputer secara ilegal .

Didalam dunia cyber atau didunia maya tentu tidak hanya dampak negatif atau terdampak lainya melainkan penggunanya pun memiliki banyak dampak positifnya,dan itu tergantung oleh pengunanya atau seseorang yang memaanfaatkan dengan sebaik baiknya untuk tujuan itu sendiri.

Tak jarang pengguna media untuk dapat dilakukan dengan selektif memilih,contohnya anak dibawah umur yanag harus ada pemantauan keamanan agar tidak hal yang tidak baik atau tidak pantas untuk disentuh seperti situs situs atau yang lain yang seharusnya tidak dapat dibuka.

Agar tidak terjadi faktor dalam dunia cyber gunakanlah fasilitas seperlunya dengan kata lain tidak berlebihan atau kecanduan,ambil sisi positifnya dan pula hindari dari negatifnya dalam menggunakan.

Dan juga yang lebih penting adalah kita sebagai pengguna tidak boleh terlibat dalam kejahatan dunia cyber ( cybercrime), harus Menjaga dalam keamanan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image