Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Adam

Opini Mahasiswa: Warga dan Bela Negara

Eduaksi | Sunday, 09 Jan 2022, 17:37 WIB

Menurut saya, Warganegara yang baik adalah yang dapat ikut serta dalam membangun kemajuan bangsa dan negara. Ada beberapa hal yang masih tidak sesuai dengan norma dan ketetapan hukum yang berjalan, contohnya adalah hukum di indonesia. Siapapun pelaku yang sudah melanggar dan merugikan orang banyak akan dikenakan sanksi, tidak melihat siapa dia, dari mana asalnya dia, jabatannya apa, dll semua itu tidak bernilai di mata hukum karena pada dasarnya adalah kita semua sama di mata hukum, baik rakyat atau bahkan pejabat.

Tetapi masih ada banyak sekali kasus hukum yang tidak sesuai, ada banyak media yang memaparkan dengan jelas bahwasanya sanksi hukum di Indonesia masih sangat lemah dan buruk karena beberapa pelaku pelanggaran tidak merasakan hukum yang jera. Kasus pejabat yang korupsi, menurut saya itu harus benar benar ditindak lanjuti lebih di beri hukuman yang setimpal dan jera, masih banyak sekali suap menyuap yang memudahkan kasus pelaku pelanggaran bahkan tidak merasakan hukuman.

Hukuman untuk para koruptor sangat tidak adil, bahkan beberapa koruptor dimasukan kedalam penjara dengan tempat yang sangat nyaman seperti bukan dalam penjara mereka di suguhi fasilitas yang lengkap, sedangkan ada kasus dimana seoarang nenek mencuri kayu karena beliau bingung bagaimana menghidupi kebutuhannya, ekonomi yang sangat rendah dan tidak adanya bantuan sosial lainnya, tetapi beliau diancam dengan ancaman 5 tahun penjara tanpa ada keringanan keluar bersyarat.

Setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama untuk mewujudkan kecintaan seorang warga negara pada tanah air yang sudah memberikan kehidupan padanya. Hal ini terjadi sejak seseorang lahir, tumbuh dewasa serta dalam upayanya mencari penghidupan.

Warga negara yang baik adalah warga negara yang turut serta dalam demokrasi negaranya. Dalam setiap pendapat yang dibutuhkan, warga negara yang baik selalu ikut berpartisipasi untuk kemajuan bangsanya. Dalam pemilihan umum misalnya, seluruh warga negara Indonesia diberi kesempatan untuk memilih calon pemimpinnya kelak. Warga negara yang baik memiliki beberapa ciri atau karakteristik, yaitu diantara nya dapat berfikir Kritis,Terbuka,Jujur,Rasional,Adil,Memiliki rasa hormat antar pendapat satu sama lain dan Berani dan Bertanggung jawab.

Salah satu bentuk menjadi warga negara yang baik yaitu “bela negara”.Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.Bela Negara juga merupakan kesetiaan bakti dan berkorban bagi Negara mulai dari hubungan baik sesama warga hingga bersama sama menangkal ancaman nyata dari musuh bersenjata.

Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang. Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Spektrum bela negara itu sangat luas, dari yang paling halus, hingga yang paling keras. Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan Negara.Di Indonesia proses pembelaan negara sudah diatur secara formal ke dalam Undang-undang. Diantaranya sudah tersebutkan ke dalam Pancasila serta Undang-undang Dasar 1945, khususnya pasal 30. Didalam pasal tersebut, dijelaskan bahwa membela bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.

Dalam upaya bela Negara, juga memiliki manfaat yakni:

1. Membentuk sikap disiplin waktu, aktifitas, dan pengaturan kegiatan lain.

2. Membentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas antar sesame rekan seperjuangan.

3. Membentuk mental dan fisik yang tangguh.

4. Menanamkan rasa kecintaan pada bangsa dan patriotisme sesuai dengan kemampuan diri.

5. Melatih jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri maupun kelompok.

6. Menghilangkan sikap negatif seperti malas, apatis, boros, egois, tidak disiplin.

7. Membentuk perilaku jujur, tegas, adil, tepat, dan kepedulian antar sesama.

Menurut saya dalam sudut pandang kehidupan sosial ini adalah awal ataupun basic yang sangat mudah dilakukan untuk menjadi warga negara yang baik. Karena dalam kehidupan sosial ini akan terbentuk nya sikap atau prilaku warga negara yang mempunyai jiwa untuk membantu NKRI menjadi lebih solid.Era globalisasi saat ini telah menimbulkan banyak persoalan yang serius terhadap patriotisme dan nasionalisme bangsa kita. Hal ini nyata berdampak pada kehidupan di masyarakat kita pada saat ini. Akibat tak terbendungnya informasi-informasi tersebut dampaknya diantaranya makin rendah dan memudarnya nilai-nilai budaya bangsa, menurunnya rasa solidaritas sosial, munculnya faham radikalisme yang mengancam negara.

Maka penting sekali Implementasi upaya bela negara dalam kehidupan sehari-hari, contohnya yang dapat kita terapkan dengan hal-hal yang bermanfaat di kehidupan keseharian kita , bela negara bisa kita lakukan dimulai dari diri kita sendiri sebagi contoh dengan kita belajar rajin dan sungguh-sungguh disamping kita akan menjadi orang yang berilmu dan berpotensi menjadi orang yang berprestasi secara tidak langsung dan otomatis negara yang dapat keuntungan berupa bertambahnya orang-orang yang pintar, orang-orang yang berguna, para pengusaha, ilmuwan cerdas dan yang lainnya. Sedangkan dari kegiatan sehari-hari yang melakukan upaya bela negara yang memiliki dampak positif terhadap ketahanan dan perkembangan negara diantaranya adalah :

1. Menciptakan suasana rukun, damai, dan harmonis dalam keluarga dan membentuk keluarga yang sadar hukum .

2. Meningkatkan iman dan takwa serta ilmu pengetahuan dan teknologi di lingkungan sekolah. Kesadaran untuk menaati tata tertib sekolah dan menciptakan suasana rukun, damai, dan aman dalam lingkungan sekolah.

3. Membayar pajak tepat pada waktunya .

4. Menghargai adanya perbedaan antar sesama anggota masyarakat antar RAS, Suku,agama,dan juga kelompok-kelompok.

5. Aktif, tanggap dan waspada mencurigai serta melaporkan terkait aktifitas sekelompok orang terkait terorisme, perdangangan narkoba dan tindakan- tindakan lain yang mengacam keamanan negara.

Itulah beberapa contoh sikap bela negara terhadap NKRI sebagai bentuk menjadi warga negara yang baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image