Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adichandra S

Teknologi Lokal Rasa Luar Negeri

Teknologi | Saturday, 08 Jan 2022, 16:35 WIB
Laptop Merk Lokal Rasa Luar Negeri (https://pixabay.com/photos/laptop-desk-workplace-computer-5842509/)

Pernahkah terpikir sebuah teknologi lokal memiliki spesifikasi yang bisa disandingkan dengan produk luar negeri? hal itu nampaknya tidak menjadi imajinasi belaka di industri laptop. Diketahui, ada sebuah produk laptop lokal yang berhasil menyediakan layar dengan tingkat akurasi warna yang tinggi mencapai 100% Standard Red Green Blue (sRGB) yakni Axioo. Lebih lanjut, produk laptop Axioo tersebut yakni seri Mybook 14F.

Melansir dari laman situs Acer.co.id, sRGB adalah layar yang menyediakan color gamut (spektrum warna) yang lazim digunakan oleh berbagai perangkat teknologi seperti komputer, TV, kamera, perekam video, dan lainnya. Pemilihan kualitas warna yang baik tentunya akan menghasilkan kualitas layar yang bagus.

Layar yang menggunakan sRGB disusun oleh warna primer dengan kode nama ITU-R BT.709. Tingkat akurasi (gamma) warna sRGB ini tidak bisa dinyatakan melalui standar nilai berbasis numerik. Spektrum warna layar sRGB diciptakan oleh brand teknologi populer yaitu Hewleet Packard (HP) dan Microsoft pada tahun 1996. Umumnya, sRGB digunakan pada layar monitor, pencetak, dan internet. Sebelumnya, layar jenis sRGB ini diperkenalkan oleh beberapa merk teknologi mulai dari W3c, Exif, Pantone, hingga merk terkenal seperti Intel dan Corel.

Lantas, apa keuntungan dari layar berbasis sRGB ini? jenis sRGB menjanjikan kualitas yang sesuai untuk dipandang mata. Sebuah institusi bernama International Electrotechnical Commission (IEC) sRGB yang memiliki kode ITU-R BT.709 menjadi tampilan yang menjadi standar untuk menangkap gambar berdefinisi tinggi. Selain itu, kedua orang pengamat dari perusahaan Hewleet Packard (HP) yakni Mary Nielsen and Michael Stokes dalam sebuah tulisan jurnal berjudul The creation of the sRGB ICC profile. In Color and Imaging Conference (Vol. 1998, No. 1, pp. 253-257). menuturkan bahwa tampilan sRGB adalah kualitas layar yang sesuai kompabilitasnya digunakan di masa depan. Penggunaan layar sRGB kini juga menjadi persyaratan minimum bagi laptop atau PC yang didesain untuk keperluan desain grafis dan memproduksi atau menyunting video.

Layar jenis sRGB ini digunakan oleh berbagai produk laptop luar negeri. Bahkan, laptop lokal kini juga mengusung layar jenis ini. Beberapa waktu lalu, sebuah kanal YouTube teknologi yakni GadgetIn pernah mengulas sebuah laptop merk lokal yang mengusung spesifikasi layar berjenis In Plane Swiching (IPS) dengan tingkat akurasi warna sRGB mencapai 100 persen. Jumlah tersebut menunjukkan kualitas layar laptop yang berada di kelas atas. Tahukah anda berapa harga yang dipasok laptop merk lokal ini? laptop ini dijual seharga Rp4,8 juta.

Namun, satu hal yang perlu diperhatikan sebagai kekurangan yang masih terus-menerus ada di laptop lokal yakni processornya yang kurang mumpuni. Processor yang digunakan laptop lokal mayoritas hanya cocok digunakan pengguna kelas awam atau yang baru pertama kali menggunakan atau perlu membeli laptop yakni Intel Celeron. Sebagai informasi, Intel Celeron saat ini adalah processor dengan tingkat paling lemah dibandingkan seri processor Intel lainnya karena menggunakan arsitektur Intel Atom. Intel Atom sesuai namanya merupakan processor dengan kemampuan paling dasar yang tertanam di dalamnya.

Kendala Penggunaan Laptop Lokal yang Perlu Diketahui

Ada sebuah permasalahan dalam menggunakan laptop lokal yang perlu diketahui yakni keberadaan bug (gangguan) yang menghalangi kenyamanan seseorang saat mengoperasikan sebuah laptop. David Brendi melalui kanal YouTube Gadgetin mengungkap bahwa gangguan yang sering ditemukan pada sebuah laptop merk lokal seperti Axioo yakni kursor yang tidak berjalan semestinya. Kursor adalah sebuah tanda panah yang seringkali digunakan saat mengakses berbagai perintah dari perangkat PC atau laptop.

Dalam hal ini, kursor pada laptop Axioo mengalami pergeseran beberapa kali saat digunakan. Ada upaya yang sebenarnya bisa dilakukan yakni coba memulai ulang laptop saat ingin dioperasikan. Namun, hal ini tentunya akan memakan waktu anda yang tersedia selama 1 hingga 2 menit.

Produsen laptop lokal saat ini telah berupaya untuk selangkah lebih maju bersaing dengan produk-produk luar negeri. Namun, usaha ini perlu diiringi adanya peningkatan kualitas produk dan mengembangkan varian laptop lainnya dengan spesifikasi lebih baik sehingga bisa diterima oleh masyarakat. Selain itu, teknologi merk lokal juga harus lebih meningkatkan kualitas dan mutunya. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah pemberian jaminan berupa garansi dan pelayanan yang baik dan optimal. Hal lain yang bisa dilakukan produsen laptop lokal untuk peningkatan kualitasnya yakni mengembangkan tempat pelayanannya yang bisa dijangkau secara mudah oleh masyarakat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image