5 Manfaat Buah Naga: Sangat Mengadung Vitan dan Nutrisi

Image
Amy Februari
Gaya Hidup | Saturday, 08 Jan 2022, 07:48 WIB

Buah naga dikenal sebagai pitahaya atau pir stroberi. Buah tropis ini dikenal karena kulitnya yang merah cerah dan daging buahnya yang manis berbintik-bintik. Tampilannya unik, rasanya pun lezat, buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kalorinya juga rendah tetapi mengandung banyak vitamin dan mineral serta sejumlah serat makanan. Berikut rincian kandungan buah naga dalam porsi 227 gram, dilansir dari FoodData Central:

Baca Juga : Cara Mencegah Kanker

1. Mengurangi risiko terkena penyakit

Kandungan antioksidan dalam buah naga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kronis. Antioksidan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Studi dalam British Journal of Pharmacology menunjukkan, mengonsumsi buah naga dapat membantu mencegah penyakit kronis, seperti jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi.

2. Meningkatkan imun tubuh

Vitamin C tingkat tinggi dalam buah naga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu dalam memerangi batuk dan asma. Vitamin ini juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka.

3. Melancarkan pencernaan

Buah naga mengandung prebiotik yang berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus Anda. Dilansir dari jurnal Food Chemistry, prebiotik adalah serat tanaman yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di lambung Anda.

Mengonsumsi buah naga secara teratur dapat mengurangi risiko infeksi pada saluran pencernaan dan diare. Kehadiran prebiotik akan mendorong pertumbuhan bakteri baik dan mengalahkan bakteri jahat.

4. Memiliki manfaat untuk ibu hamil

Buah naga sangat bergizi dan memiliki banyak karbohidrat yang akan memberikan energi yang sangat dibutuhkan oleh wanita hamil.

Konsumsi buah naga aman selama kehamilan karena memiliki banyak manfaat untuk ibu dan bayi. Kandungan asam folat dalam buah naga terbukti memiliki manfaat dalam mengembangkan neurologi anak.

Vitamin C, serat, dan beta-karoten juga berguna untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil. Salah satu komponen kunci dalam hal ini adalah likopen, yang merupakan ciri khas buah naga.

Zat antioksidan ini membantu dalam memerangi berbagai masalah jantung, hipertensi, serta mengurangi kemungkinan kanker. Selain itu, buah naga mengandung lemak tak jenuh untuk pembentukan otak pada janin.

5. Membantu mencegah kanker

Studi oleh Leonie de Munter dkk. dalam American Journal of Clinical Nutrition pada 2015 menemukan hubungan antara asupan vitamin C dan risiko kanker.

Manfaat buah naga dalam mencegah kanker ada pada kandungan vitamin C yang tinggi. Dalam studi tersebut, 120.852 orang yang memiliki asupan vitamin C yang tinggi dapat mengurangi risiko terkena kanker kepala dan leher.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Penerimaan Klien Baru Integrasi (Pembebasan Bersyarat) di Bapas Purwokerto

Image

Balkesmas Ambarawa Lakukan Vct Mobile Kepada WBP

Image

Penuhi Persyaratan, 11 WBP Lapas Brebes Jalani Asimilasi Dan PB

Image

SMPN 1 BULUKUMBA, PTS TINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR

Image

Integrasi Instansi melalui MoU Layanan Single Submission Pengangkut Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Image

Lakukan Litmas PB, Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Nusakambangan Tekankan Pembinaan Kemandirian

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image