Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Manfaatkan Waktu Turunnya Hujan untuk Perbanyak Doa!

Agama | Thursday, 11 Jan 2024, 19:04 WIB
sumber: freepik.com

Turunnya hujan merupakan salah satu dari sekian banyaknya Rahmat dan anugerah Allah SWT kepada bumi dan seisinya. Hujan merupakan waktu Istimewa yang sebaiknya dioptimalkan untuk banyak berdoa, bermunajat untuk meminta dan memohon terhadap segala hal yang diinginkan.

Ibnu Qudamah dalam Al Mughni[1]mengatakan, ”Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

“Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun.” (Dikeluarkan oleh Imam Syafi’i dalam Al Umm dan Al Baihaqi dalam Al Ma’rifah dari Makhul secara mursal. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shohihul Jaami’ no. 1026.)

Mengapa harus perbanyak doa saat turun hujan?

1. Doa adalah bentuk ketaatan

Seorang hamba yang berdoa kepada Allah SWT, artinya ia mengaku bahwa hanya kepada Allah SWT tempat ia meminta, memohon dan menggantungkan segala harap. Kebaikan, kemudahan, kelancaran dan keberkahan tentu tiada lain adalah atas izin Allah SWT. Untuk itu seorang muslim hendaknya perbanyak doa sebagai bentuk komunikasi, bukti ketaatan seorang hamba pada Sang Pencipta.

2. Memohon kebaikan

Waktu turunnya hujan merupakan salah satu waktu terbaik untuk memohonkan segala kebaikan, baik untuk diri sendiri, keluarga, lingkungan dan seluruhnya. Doa-doa yang diniatkan untuk kebaikan, InsyaAllah akan kembali untuk yang mendoakan. Karenanya, jangan ragu untuk perbanyak doa. Pintalah segala apapun, hanya padaNya.

3. Bukti Rasa Syukur

Syukur artinya ungkapan rasa terima kasih atas segala pemberianNya. Tentu perlu bagi seorang muslim untuk senantiasa bersyukur di segala waktu dan keadaan. Saat turun hujan kita juga harus berdoa sebagai bentuk Syukur kita atas nikmat hujan yang telah Allah Ta’ala berikan.

4. Sarana komunikasi kepadaNya

Berdoa saat turun hujan adalah bentuk komunikasi langsung antara hamba dan Tuhannya. Dalam doa, umat Islam bisa menyampaikan keinginan, kebutuhan, dan harapan mereka kepada Allah. Ini adalah momen intime yang memperdalam hubungan spiritual dengan Sang Pencipta.

Sahabat Budiman, mari manfaatkan momentum saat hujan turun dengan perbanyak doa. Hi hati yang penuh rasa syukur, mengharapkan keberkahan bagi diri sendiri, umat manusia, dan alam semesta yang mencerminkan rahmat dan kearifan Sang Pencipta.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image