Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Salsa Bilah

Tips Bagaimana Cara Agar Bisa Kuliah Sambil Mondok

Eduaksi | Friday, 07 Jan 2022, 15:23 WIB

Kebahagiaan bersama orang tua dan orang terdekat adalah sesuatu yang paling membahagiakan bagi anak anak, namun berbeda dengan anak yang memilih untuk mondok dan kuliah di luar jauh dari orang tua dan orang terdekat agar bisa menjadi orang yang berguna dan bisa membahagiakan orang tua di dunia dan akhirat.Karena dengan ini dapat memperoleh kemudahan dan memanfaatkan waktu yang ada.Saat kita tinggal bersama orang tua, bagi sebagian anak, mungkin mereka akan biasa meminta uang saku mereka saat mereka membutuhkan uang.

Namun saat kita hidup di pesantren kita akan belajar hidup mandiri dan sendiri dengan begitu kita akan malu saat meminta uang kepada orang tua kita. Karena sadar orang tua kita pasti sedang bekerja keras untuk hidup saya di sini. Kita bahkan tak tega membayangkan keringat mereka karena kerja keras mereka.Di pondok pesantren juga mengajarkan kita tentang kesabaran dan tentang bagaimana nanti kita hidup di masyarakat agar bisa bermanfaat nantinya.

Pasti banyak diantara kita yang menganggap kuliah dan mondok hal yang tabu, nanti tidak bisa main, tidak bisa berorganisasi dan stereotip lainnya. Padahal saat kita kuliah dan mondok bisa melakukan hal itu semua.Nah sekarang kita akan membagikan tips untuk membagi kuliah dan mondok.1.

Buat agenda belajar Kita harus membuat agenda belajar untuk memudahkan kita bisa mengatur prioritas prioritas atau tugas-tugas kita kapan akan dikumpulkan sehingga kita tidak akan lupa.2. Jangan pernah menunda mengerjakan tugasPasti diantara kita sering sekali menunda nunda untuk mengerjakan tugas karena jika kita menunda tugas maka tugas kita akan menumpuk dan akan menambah beban saat pengumpulan tugas.3.

Mendisiplinkan waktu

Pilih waktu yang tepat untuk mengerjakan tugas, jangan pada waktu waktu mengaji, batasi waktu yang tidak penting untuk belajar dan mengerjakan tugas.5. Kurangi begadangKurangi begadang karena bisa menghambat konsentrasi saat perkuliahan dan pada saat mengaji di subuh hari, kita juga perlu mengatur tidur kita selama 8 jam perhari agar tidur kita cukup dan tidak mudah sakit.6. Tetapkan skala prioritaspt

Potret kehidupan pondok pesantren

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image