Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SANG HUN KANG

Peluang Teknik Elektro dalam Manajemen Bandara

Teknologi | Thursday, 04 Jan 2024, 16:08 WIB
Ilustrasi Prodi Teknik Elektro Foto sumber : pixabay.com

Peluang Teknik Elektro Dalam Manajemen Bandara

Saya adalah seorang mahasiswa di Program Studi Teknik Elektro Universitas Insititut Teknologi Telkom Purwokerto. Disini saya akan menulis sebuah artikel dengan berjudul "Peluang Teknik Elektro Dalam Manajemen Bandara" dengan sepengetahuan saya mengenai judul tersebut.

Apa itu teknik elektro?

Teknik elektro adalah program studi yang mempelajari bidang engineering yang mempelajari, mengaplikasikan dan juga dapat membuat alat dari berbagai komponen yang memanfaatkan listrik.

Teknik elektro memiliki peran penting dalam manajemen bandara modern, yang utama ada didalam sistem sistem perancangan pesawat tersebut. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana teknik elektro digunakan dalam manajemen bandara.

Contoh dari Sistem Pencahayaan sumber : pixabay.com

 

  • Sistem pencahayaan

Teknik Contoh dari Sistem Pencahayaan sumber : pixabay.com elektro digunakan untuk merancang dan mengelola sistem pencahayaan diseluruh area bandara, termasuk landasan pacu, terminal, dan area public. Sistem pencahayaan yang efisien dan aman sangat penting untuk memastikan visibilitas yang baik dan keamanan penerbangan.

Ilustrasi contoh penggunaan Kelistrikan di masa sekarang sumber : pixabay.com

 

  • Sistem kelistrikan

Teknik elektro bertanggungjawab untuk merancang dan memelihara sistem kelistrikan di bandara. Ini juga meliputi jaringan distribusi listrik pembangkit listrik cadangan, transformator, dan peralatan listrik lainnya. Sistem kelistrikan sangat penting agar operasional bandara berjalan dengan lancer.

Ilustrasi foto Sistem Pemantauan dan Keamanan sumber: pixabay.com

 

  • Sistem pemantauan dan keamanan

Teknik elektro digunakan untuk mengintegrasikan sistem pemantauan dan keamanan di bandara, seperti sistem CCTV, detector asap dalam pesawat, dan sistem kemanan pintu masuk.

Ilustrasi Sistem Komunikasi sumber: pixabay.com

 

  • Sistem Komunikasi

Teknik elektro digunakan untuk merancang dan mengelola sistem komunikasi seperti telepon, radio, dan sistem pengumuman public. Bandara memerlukan sistem komunikasi yang kuat dan andal untuk mengkoordinasikan operasi penerbangan dan berkomunikasi dengan staff dan penumpang.

Ilustrasi foto Sistem Control Penerbangan sumber: pixabay.com

 

  • Sistem control penerbangan

Teknik elektro digunakan dalam sistem control penerbangan, termasuk radar udara dan sistem navigasi. Ini sangat membantu dalam melacak dan mengatur pergerakan pesawat.

Ilustrasi foto Sistem Otomasi Penerbangan sumber: pixabay.com

 

  • Sistem otomasi

Bandara modern menggunakan berbagai sistem otomatis, seperti sistem penanganan bagasi dan sistem pengumuman otomatis. Teknik elektro terlibat dalam merancang, mengintegrasikan dan memelihara sistem otomatis ini yang membantu meningkatkan efisiensi operasional bandara.Semua itu adalah contoh bagaimana teknik elektro digunakan dalam manajemen bandara. Teknik elektro membantu dan memastikan operasional bandara yang efisien, aman, dan terkoordinasi dengan baik.

Sang Hun Kang, Mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image