Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Arif Azmi

Teknologi Sistem Pembayaran Tol Tanpa Berhenti: Multi Lane Free Flow (MLFF)

Teknologi | Wednesday, 03 Jan 2024, 02:17 WIB
https://www.istockphoto.com/id/foto/membayar-tol-raya-gm532873840-94330069

Pada tahun 2024 ini sistem pembayaran tol akan memakai sistem transaksi nontunai nirsentuh atau nama lainnya multi lane free flow (MLFF). Jadi sistem multi lane free flow ini memakai teknologi global navigation satellite system (GNSS) dan pengendara bisa melakukan transaksi lewat aplikasi khusus jalan tol di handphone mereka.

Multi lane free flow (MLFF) menggunakan GPS yang nantinya akan menentukan lokasi yang akan dituju pengguna dengan proses map matching, nantinya pada saat keluar tol proses map matchingnya berakhir dan sistem bakal kasi tau kita kakulasi tarif dan pastinya memakai sistem ini bakal jadi efisien dan waktu transaksi di gerbang tol turun menjadi 0 detik, yang dulunya harus tap kartunya sekarang hanya lewat saja.

Penghapusan sistem tapping atau penggunaan kartu e-tol juga menjadi langkah signifikan demi mencapai tujuan tersebut. Proses pengurangan gerbang tol rencanya bakal dilakukan secara bertahap.

Uji coba sistem ini sudah dimulai sejak minggu ke-2 November 2023. Direncakan pada 12 Desember 2023 sampai Januari 2024 untuk peluncuran uji coba terbatas, khususnya bagi kendaraan pegawai pemerintah agar nantinya sistem ini bisa diterapkan di seluruh gerbang tol pada Maret 2024

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image