Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Imran Bugis

Revolusi Industri di Bidang Bisnis

Bisnis | 2024-01-02 20:12:01
https://www.bing.com/images/search?view=detailV2&ccid

Menghadapi transfoformasi indutri global. Revolusi industri mungkin menjadi salah satu istilah yang terdegar tidak asing lagi bagi masyarakat secara umumnya. Tetapi kita harus sadari revolusi industri telah mengubah kehidupan kita, dari tradisonla menjadi kehidupan moderen. Transformosi indutri sebagai bukti bahwa, tehnologi telah berhasil merubah secara signifikan pada polah hidup kita.

Taukah andah apa itu istila revolusi industri ? Revolusi indutri adalah tranfomasi besar terhadap manufaktur dengan mengubah sistem produksi dari cara tradisional yang mengunakan tangan, lalu di ganti oleh mesin. Proses transisi ini meberikan dampak yang begitu nyata terhadap kehidupan ekonomi, politik dan sosial-budaya kita secara langsung.

Dalam perkembangan transformasi industri banyak perubahan yang terjadi di bidang bisnis. Para pelaku usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah mualai berali dari sistem tradisional menjadi moderen. Komunikasi publik perlu di gunakan secara efektif dan akurat sejak awal, sangat di butuhkan untuk mendaptkan kepercaya dari berbagai kalangan terhadap kapisitas usaha. Hal semacam ini di lakukan sebgai salah satu manajemn responden terhadap tranformasi global.

Bisnis yang di jalanan secara permanen oleh pelaku usaha di bidang masing-masing perlu mendapat dukungan publik. Hal ini perlu strategis manajemen yang mendukung agar bisnis yang di jalani dapat bersaing secara moderen, untuk penguatan bisnis secara efesien dapat menyesuaikan dengan teransformasi global dan bertahan sesuai bidangnya.

Revolusi indutri juga telah mengubah pradikma bisnis dan melahirkan trobosan baru seperti Ekomar dan pembayaran secara digital. Bisnis di era tranformasi digital, pemasaran produk barang maupun jasa dapat di lakukan dengan memanfaatkan teknolgi imformasi. Media sosial merupakan prodak dari teknologi informasi yang memeberikan manfaat optimal babi pelaku usaha. Melalui media sosial pelaku usaha dapat memperkenalkan produk, kualitas dan harga sehinga konsumen dengan bebas memili barang yang dibutuhkan sesuai keinginannya.

Untuk menjalankan bisnis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi imformasi sebagai alat komonikasi dan transaksi digital di era global. Ada beberapa hal yang harus dilakukan dan di perhitungkan secara matang agar bisnis tetap bertahan. Melakukan riset pasar, melakuan analis SWOT, Rancangan bisnis digital secra matang, bagun jaringan bisnis, bagun platfom bisnis, pelajari teknik-teknik pemasran oline dan terus evalusi dan pelajari hal baru.

Oleh: imran Bugis, Mahasiswa Manajemen, Institut Teknologi Dan BIsnis Ahmad Dahlan Jakarta (ITB-AD).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image