Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image iwan iwan

Transformasi Progresif Organisasi: Gagasan Besar yang Diusung Calon Kabem FE UNJ 2024

Edukasi | Monday, 01 Jan 2024, 18:31 WIB
Rosikhul Ilmi Mahasiswa Aktif Universitas Negeri Jakarta


Tahapan pemilu 2024 semakin dekat dengan puncak atau masa pencoblosan. Pesta demokrasi terbesar setiap 5 tahun sekali ini turut dinanti dan diikuti oleh setiap warga negara. Tak terkecuali oleh para mahasiswa sebagai agent of change yang juga melaksanakan Pemilihan Umum Raya (PEMIRA) dalam waktu dekat ini.

Pemira adalah salah satu bentuk wadah demokrasi di kampus dengan pemberian hak suara kepada setiap mahasiswa untuk menentukan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), baik lingkup program studi (prodi), fakultas, maupun universitas. Pemira menjadi satu pesta demokrasi sendiri yang ditunggu setahun sekali oleh para mahasiswa.

Banyak mahasiswa yang tidak mau ketinggalan dan turut serta kontribusi meramaikan pesta demokrasi ini
Muhammad Rosikhul Ilmi, salah satu mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang turut serta meramaikan pemira BEM FE UNJ. Pemuda yang juga merupakan penerima beasiswa santri berprestasi dari Kementrian Agama RI ini melaju sebagai calon ketua BEM FE UNJ bersama satu kandidat lain. Rosikhul Ilmi mengantongi nomor urut 02 dengan membawa tagline Gerak Masif FE Progresif.

Sebelum pencalonan dirinya sebagai calon ketua BEM FE, Oci sudah banyak mengikuti berbagai kepanitiaan maupun organisasi baik dalam skala universitas maupun internasional. Salah satunya dia pernah menjadi delegasi untuk Youth Innovation Forum 3 Countries (Singapore, Malaysia, Thailand) yang diselenggarakan oleh Global Youth Action
“Pemira menjadi satu pesta demokrasi yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa. Dan saya ingin ikut serta dengan niat mengabdi kepada negeri,” ucap lelaki yang akrab dipanggil Oci tersebut.

Dalam pencalonannya kali ini, Oci mengusung kabinet bernama Arah Progresif yang mencerminkan komitmen untuk bertransformasi mencapai kemajuan yang berkelanjutan, progresif dalam kebijakan, dan tindakan sistem tata kelola organisasi maupun aksi gerakan mahasiswa.

Visi yang diangkat oleh Oci sendiri adalah transformasi progresif menuju FE yang berdaya saing dan berkelanjutan. Organisasi, menurut Oci, harus memiliki sebuah kapasitas, kredibilitas, dan daya saing dengan organisasi lain. Maka dari itu, organisasi harus mampu bertransformasi, beradaptasi, dan inovatif.

“Transformasi progresif memberikan proyeksi kesadaran akan perlunya perubahan berkelanjutan yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan sebuah organisasi” jelas pemuda asal Jepara tersebut

Dalam melangsungkan visinya tersebut, Oci ingin membangun sebuah kenyamanan iklim baik dalam organisasi maupun antar mahasiswa fakultas ekonomi UNJ. Oci akan memberikan pelayanan informasi yang terbuka kepada setiap mahasiswa sehingga rasa kepercayaan dapat terjalin. Tak hanya itu, Oci juga akan memperkuat kolaborasi dan memperluas jejaring organisasi dengan lembaga pemerintahan maupun sosial dalam rangka pengembangan organisasi.

Dengan itu ia berharap mahasiswa dapat berkembang tidak hanya melalui bangku kelas semata.
“Pengembangan intelektual dan minat bakat setiap mahasiswa harus diperhatikan. Dengan apa? Dengan membuka ruang kajian diskusi dan kreasi seluas-luasnya,” pungkas Oci.

Program unggulan yang ditawarkan Oci untuk memperkuat dan meningkatkan intelektual mahasiswa cukup banyak. Yang menarik salah satunya adalah adanya FE Scholarship dengan menggandeng lembaga sosial untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa FE terpilih. Berbeda dengan BEM yang biasanya sekadar memberikan informasi beasiswa, Oci menawarkan lebih dengan juga pemberian beasiswa.

Tak hanya itu, program unggulan Oci yang menarik lainnya adalah adanya Sekolah Progresif. Sekolah Progresif merupakan hasil dari sebuah kolaborasi organisasi yang menggandeng beberapa komunitas, lembaga sosial dan pemerintah guna meningkatkan intelektual mahasiswa FE terhadap isu-isu ekonomi, politik, dan pendidikan.

Poster Kandidat No Urut 02 KETUA BEM Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image