Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Firda Arofa Irnawati

Meningkatkan Pojok Baca (Literasi) pada Siswa SMP Muhammadiyah 3 Leksono

Sekolah | Saturday, 30 Dec 2023, 11:13 WIB
Sumber Foto: Pinterest Maria Bucciarrelli

Membaca merupakan salah satu cara untuk menerimailmu yang sudah ditulis ataupun dikarang oleh seseorang. Membaca menuntun kita untuk memperoleh sertamenganalisa informasi yang sudah kita dapat sehinggabermanfaat pada kehidupan. Oleh karena itu, membacaialah hal yang sangat penting sebagai penuntunkehidupan manusia. Tumbuh kembang anak sangatpenting khususnya dalam pendidikan untuk memenuhikebutuhan anak dalam menjalani masa depan danmenjadi manusia yang utuh.

Pada zaman serba digital ini kita diberikan kebebasanuntuk mengakses informasi di dunia maya, tetapi pula ada berbagai macam dampak yang mampumengakibatkan kerugian bagi diri kita, oleh karena itukita harus pandai-pandai memilah dan menyeleksiinfromasi apapun yang kita terima. memiliki sifatketergantungan atau kecanduan akan dunia maya yang bebas kita akses pada zaman ini adalah hal yang paling membahayakan. Manusia menjadi lebih asik dengandunia maya dan mulai melupakan hal-hal yang lebihbermanfaat untuk dilakukan, salah satu nya adalahmembaca. Orang-orang kebanyakan kecanduan dengandunia maya yang mengakibatkan mengabaikan budayamembaca yang sebenarnya sangat bermanfaat bagikehidupan.

SMP Muhammadiyah 3 Leksono, merupakan sebuahlembaga pendidikan yang berada di wonosobo. Dari hasilpengamatan awal ditemukan bahwa di SMP Muhammadiyah 3 Leksono berada pada kategorikurangnya minat baca. Hal ini dapat menjadipermasalahan serta menunjukan kelemahan dari siswaSMP Muhammadiyah 3 Leksono. Permasalahan-permasalahan ini dapat diselesaikan atau dapatdisolusikan dengan membuat program literasi pojokbaca.

Pojok baca ialah suatu solusi yang dilakukan siswa di setiap waktu luang disela sela jam pelajaran untukmembaca buku yang sudah tersedia di rak pojok kelas. Pojok baca ini juga berlaku sebagai perpustakaan kecilyang terdapat di setiap kelas. Fungsi dari adanya pojokbaca itu sendiri yaitu untuk membiasakan siswamembaca buku, selain itu juga sebagai salah satuprogram untuk membrantas kebodohan serta pula pojokbaca berfungsi sebagai salah satu program untukmengkondisikan siswa agar tidak gaduh di kelas, setelahsiswa mengerjakan tugas yang di berikan guru makasiswa diperbolehkan membaca buku di daerah pojokbaca sembari menunggu jam pelajaran selesai.

Solusi yang harus dijalani untuk meningkatkan pojokbaca pada sekolah SMP Muhammadiyah 3 Leksono yaitu

Kesimpulan :

Pojok baca kelas adalah area di dalam kelas atau ruangan belajar yang dirancang khusus untuk membantu siswa meningkatkan minat dan kemampuan membaca mereka.

Referensi :

Hatala, R. Soumokil, A. Rumakway, M. (2022). Peranan Pojok Baca alam Meningkatkan Literasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Seram Bagian Timur, Kecamatan Gorom Timur Kabupaten Seram Bagian Timur.Volume 6 Nomor 2.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image