Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image aura Rimbi

Pengaruh Kepopuleritasan BTS Bagi Perekonimian di Korea Selatan

Bisnis | 2023-12-30 10:09:16

Korea selatan mendapatkan popularitas yang besar dari dunia hiburan mereka. Negara yang terkenal dengan julukan negara ginseng ini berhasil menghasilkan girlgroup, boygroup, hingga soloist besar yang terkenal di seluruh dunia. Penjualan dari album-album hingga kunjungan wistawan yang tertarik akan kebudayaan dan sejarah yang di tunjukkan dalam konten konten yang diunggah oleh artis K-Pop membuat korea selatan sangat bergantung pada image yang dimiliki oleh K-Pop. Organisasi yang berfokus mengurus sektor pariwisata di Korea Selatan, yaitu Korea Tour Organization (KTO), melaporkan bahwa kunjungan wisata oleh wisatawan asing di Korea Selatan meningkat drastis dengan capaian 80 persen, salah satu nya dikarenakan pengaruh KPop di manca negara. Sehingga mau tidak mau pemerintah Korea Selatan mengakui kepopuleritasan dari artis artis tersebut berpengaruh kepada ekonomi di negara kpop tersebut.

Salah satu fenomena yang membuat korea selatan terkenal di manca-negara adalah fenomena gelombang Korea atau Korean Wave (K-Wave) yang akrab pula disebut Hallyu menghasilkan pengaruh besar yang membuka peluang bagi sektor lainnya di negara asal Boygroup BTS itu yang dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian negara mereka. BTS melakukan banyak konten yang memberikan influence kepada para fans sehingga mereka tertarik dengan budaya yang ada di Korea Sekatan. Keloyalitasan dari fans fans artis K-Pop dan K-Drama membuat mereka ikut mempromosikan produk, gaya hidup, hingga fashion dari Korea Selatan. Pada tahun 2022 kemarin, tepatnya pascapandemi, BTS menggelar konser besar besaran yang mencetak banyak sekali keuntungan bagi perusahaan, ini merupakan konser pertama BTS yang digelar secara langsung setelah Korea Selatan resmi membuka aktivitas mereka kembali. Berdasarkan laporan media lokal KorSel yaitu KBS, konser perdana BTS setelah pandemi ditutup membawa lebih dari US$806 juta atau sekitar Rp 11,5 triliun kontribusi ekonomi ke negeri ginseng. Sungguh betapa dahsyatnya pengaruh BTS terhadap korea selatan, tidak heran jika sejak 2017 lalu, boygroup ini telah ditunjuk sebagai duta wisata Seoul dan sukses menjalankan tanggung jawab nya.

KTO melakukan survey selama dua bulan dari agustus sampai september di tahun 2019, dengan jumlah 12.663 responden. Didapatkan hasil 86,8% responden survey berpendapat bahwa K-Pop mempengaruhi minat mereka untuk bertandang ke negeri ginseng dan 30,6% dari responden mengaku menenal K-Pop dari Aplikasi Youtube. Selain men-survey mengenai pendapat responden terhadap minat wisata Korea Selatan, survey yang dilakukan oleh KTO ini juga bertanya tengang artis K-Pop yang paling terkenal menurut para responden, dan hasil yang didapatkan adalah:

 

  1. BTS: 31,6%
  2. EXO: 10.4%
  3. Super Junior: 8.2%
  4. Bigbang: 5.6%
  5. Shinhwa: 3%
  6. IU: 2.7%
  7. Girls Generation: 2.7%
  8. Twice: 2.5%

Selain itu, berkat produk ternama seperti Samsung, LG dan Hyundai yang menjadi penyokong nama Korea dikenal luas di negara lain yang salah satunya disebabkan oleh promosi yang dilakukan para artis artis K-POP dan K-Drama. Dari penjualan produk ternama tersebut, korsel berjaya menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-10 di dunia dengan total Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 1,8 triliun dolar AS lebih menyaingi negara jepang sebagai penyokong alat-alat elektronik di Asia. Tidak dapat dipungkiri bahwa keloyalitasan fans K-Pop memang sebesar itu, mereka rela membeli dan membayar dengan jumlah sebesar apapun untuk men-support idola mereka. Hyundai pernah menjadikan BTS sebagai Brand Ambassador produk mereka pada 2018 lalu yaitu Hyundai Palisade, fans fans dari BTS merasa sangat bahagia atas pencapaian idola mereka karena untuk menjadi BA dari merk ternama itu tidaklah mudah, bukan hanya itu tetapi hasil dari penjualan ini membuat para fans bangga. Dikutip dari website official milik Hyundai, Hyundai telah berhasil menjual Palisade sebanyak 3.468 unit dalam hari pertama pemesanan, Hyundai mencapai penjualan tertinggi sebab BTS dengan mencapai tujuh persen dari jumlah penjualan semua jenis mobil SUV dalam waktu satu tahun yang berjumlah 47 ribu unit mobil, hasil penjualan ini menjadi bukti bahwa kepopuleritasan BTS sangat berpengaruh bukan hanya disektor pariwisata namun juga industri teknologi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image