Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Apakah Perlu Kita Mengkonsumsi Suplemen?

Gaya Hidup | Friday, 29 Dec 2023, 13:01 WIB
Menjalankan diet seimbang, terutama yang menekankan buah-buahan dan sayuran berwarna, ikan, biji-bijian, dan sayuran hijau, sangat dianjurkan. Foto: health.harvard.edu.

SUPLEMEN masih menjadi buruan banyak orang. Mereka berharap dengan mengkonsumsi suplemen mereka mendapat manfaat kesehatan berupa antara lain kesehatan otak yang prima, jauh dari berbagai keluhan.

Pertanyaannya adalah: apakah perlu mengkonsumsi suplemen?

Saat ini demikian banyak suplemen beredar di pasaran. Sebagian suplemen dipromosikan dengan gencar dan disebut-sebut membawa segudang manfaat bagi kesehatan.

Bahkan, ada sejumlah suplemen yang ditawarkan dapat menyembuhkan segala ragam jenis penyakit.

Namun, tak sedikit pakar berpendapat bahwa daripada mengkonsumsi suplemen, sebaiknya kita bersandar saja pada pilar kesehatan secara keseluruhan.

Contohnya, ketika kurang tidur yang dapat menurunkan konsentrasi dan juga kekebalan tubuh, maka, pastikan Anda cukup tidur. Demikian saran Dr. Joanna Hellmuth, seorang ahli saraf di University of California, San Francisco, AS, seperti dikutip koran The New York Times.

“Olahraga juga dikaitkan dengan kesehatan otak jangka panjang yang lebih baik,” tambahnya.

Beberapa kajian medukung bukti bahwa mejalankan diet seimbang, terutama yang menekankan buah-buahan dan sayuran berwarna, ikan, biji-bijian, dan sayuran hijau, dikaitkan dengan kesehatan otak yang lebih baik dalam jangka panjang — meskipun diperlukan lebih banyak penelitian lagi.

Jika sudah berolahraga, makan dan tidur dengan benar namun masih kesulitan berkonsentrasi, misalnya, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter. Tak usah buru-buru mencari suplemen. Kenapa?

Suplemen untuk meningkatkan konsentrasi sebagian besar toh tetap tidak terbukti dalam membantu konsentrasi.

“Jika itu memang efektif dan tersebar luas, kita semua akan mengkonsumsinya,” kilah Dr. Hellmuth.***

Sumber: The New York Times

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image