Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image TRILOGI

Pondasi Sumuran Jembatan, Fungsi dan Keunggulannya

Teknologi | Friday, 29 Dec 2023, 09:01 WIB

Pondasi sumuran jembatan merupakan jenis pondasi dalam yang digunakan pada konstruksi pembangunan jembatan.

Umumnya berbentuk silinder dengan diameter yang bervariasi, antara 250 cm hingga 400 cm. Konstruksi ini umumnya digunakan pada jembatan yang mempunyai bentang lebar dan beban yang berat. Seperti jembatan di sungai besar dan penghubung dua pulau.

Keunggulan Konstruksi Pondasi Sumuran Jembatan

Membangun sebuah konstruksi jembatan tentu memerlukan pondasi yang kokoh. Terlebih apabila jembatan tersebut berukuran panjang dan untuk menopang bobot yang berat.

Untuk memenuhi kebutuhan ini biasanya menggunakan pondasi sumuran. Berikut ini beberapa manfaat dari konstruksi pondasi jembatan tersebut.

Ramah Lingkungan

Keunggulan pertama dari konstruksi sumuran adalah lebih ramah lingkungan. Proses pembuatannya cenderung tidak menimbulkan suara bising layaknya metode konstruksi lainnya.

Sehingga tidak mengganggu ketenangan dan aktivitas penduduk sekitar. Selain tidak berisik, pembuatan pondasi sumuran juga minim getaran. Jadi, lebih ramah terhadap lingkungan dan tidak menimbulkan dampak bahaya pada bangunan di sekitarnya.

Bisa Diterapkan pada Tanah yang Labil

Keunggulan selanjutnya dari konstruksi ini adalah bisa kompatibel pada tanah yang kurang stabil seperti bekas timbunan maupun area berlumpur.

Sehingga sangat cocok untuk konstruksi jembatan yang umumnya berada di lingkungan berair. Berbeda dengan struktur pondasi lain yang proses pembuatannya sulit diaplikasikan di area tanah yang labil.

Memiliki Kekuatan untuk Menahan Beban yang Berat

Soal durabilitas, pondasi sumuran adalah salah satu jenis konstruksi yang unggul. Hal tersebut karena struktur jembatan ini merupakan jenis pondasi dalam.

Penanamannya bahkan mencapai kedalaman titik tanah yang paling keras. Sehingga dengan proses tersebut menjadikannya mampu menahan beban berat di atasnya.

Budget Pembuatan yang Terjangkau

Selain kokoh, konstruksi pondasi sumuran juga banyak dipilih karena anggaran untuk proses pembuatannya relatif terjangkau. Alasannya karena detail konstruksinya cukup efisien dan efektif.

Sehingga tidak membutuhkan alat berat tambahan untuk pembangunannya. Selain itu juga tidak memerlukan material yang banyak. Biaya paling besar adalah untuk pengadaan pengisinya saja, seperti batu belah dan beton.

Proses Pembuatannya Tidak Rumit

Selain unggul dalam efisiensi biaya, struktur jembatan ini juga tidak membutuhkan proses yang rumit. Pembangunannya tidak harus seratus persen dengan alat berat. Namun masih bisa dilakukan dengan tenaga manusia secara manual.

Itulah keunggulan dari struktur pondasi sumuran jembatan. Meskipun umumnya diterapkan pada jembatan, tetapi kini banyak juga yang mengaplikasikannya pada konstruksi gedung dan bangunan lainnya.

Hal tersebut karena selain kokoh, jenis pondasi ini mampu menghemat anggaran secara signifikan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image