Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Galang Hanindito Prakusha

Fungsi Air Putih

Eduaksi | Wednesday, 27 Dec 2023, 21:03 WIB

Air putih memperlancar sistem pencernaan. mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sehingga anada akan terhindar dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

Asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir lancar dan mencegah terjadi konstipasi. Karenanya usus amat leluasa menggiling makanan dan menyerap sarinya. Ketika Anda tidak punya cukup cairan, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja untuk menjaga hidrasi. Selain itu juga jika kurang air, usus besar menyerap kembali cairan dari kotoran. Inilah penyebab sembelit dan susah buang air besar karena terlalu kering setelah airnya disedot kembali oleh tubuh. Jadi, sebaiknya meminum air segar, atau anda membiarkan usus besar mengorek sisa air dari calon tinja.

Menjaga kehalusan dan kelembaban kulit. Air yang dikonsumsi sangat penting untuk mengatur struktur dan fungsi kulit. Dengan cara anda menyuplai tubuh dengan air putih yang cukup maka akan membantu sel-sel kulit tetap sehat. Karena kulit tersebut akan tetap halus dan lembab. Sebaliknya, bisa anda perhatikan, apabila tubuh kekurangan cairan, maka kulit akan menjadi kering, kasar, kusam, berkerut, dan tidak segar alias cepat tua. Hal itu terjadai karena cairan yang ada dalam kulit menjadi hilang.

Agar terhindar dari batu ginjal. Cairan tubuh merupakan media yang juga mentransportasikan sisa atau limbah untuk keluar dan masuk kedalam sel. Ginjal akan berfungsi normal, jika keseimbangan air dalam tubuh terjaga. Air adalah perisai terampuh untuk melindungi tubuh dari serang batu ginjal. Karena ginjal merupakan salah satu organ manusia yang sangat vital dan berharga. Oleh karenanya, dengan air dapat mengusir semua zat sampah yang ada di dalam ginjal, yaitu dengan cara membanjirinya. Sehingga zat-zat tersebut tidak dibiarkan mengendap dan dikeluarkan dengan cara didorong oleh air yang diminum dan keluar dalam bentuk urin.

Sampah utama dalam tubuh adalah nitrogen urea, yang larut dalam air, kemudian disaring oleh ginjal dan dibuang melalui urin. Ginjal bekerja amat baik, jika di dukung cairan tubuh seimbang.

Ketika tubuh memiliki cukup cairan, urin akan mengalir bebas, jernih, dan bebas bau. Ketika tubuh tidak punya cukup cairan, konsentrasi urin, warna, dan bau akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya.Tak heran bila anda minum sedikit air, risiko anda mengalami batu ginjal akan meningkat terutama pada iklim hangat atau panas.

Agar terhindar dari dehidrasi. Satu rahasia kecil: tak perlu menungu sampai haus untuk meminum air putih. Karena rasa haus adalah gejala awal dehidrasi. Cara lain mendeteksi apakah anda sudah cukup minum air adalah dengan melihat warna urine. Apabila warnanya bersih, berarti tubuh anda sudah cukup memiliki kandungan air. Paling ideal minum air putih 8 gelas sehari.

Membantu meningkatkan energi otot. Jika otot terasa nyeri dan lelah adalah pertanda cairan tubuh tidak seimbang. Karena itu minum banyak iar sebelum dari saat berolahraga dianjurkan untuk mengganti cairan yang hilang lantaran menjadi keringat.

Sel-sel yang tidak mampu mempertahankan keseimbangan akan cairan dan elektrolit, akan berakibat pada kelelahan otot. Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, mereka tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya berkurang.

Minum air saat berolahraga juga sangat penting. American College of Sports Medicine merekomendasikan bahwa dua jam sebelum berolahraga sebaiknya seseorang meminum 17 ons cairan.

Untuk mengontrol kalori. Dalam beberapa tahun terakhir peserta diet menenggak banyak air minum nonkalori sebagai caa menurunkan berat badan. Makanan yang mengandung banyak iar cenderung untuk kerap dikunyah dan diserap tubuh perlahan. Ini menumbuhkan rasa kenyang. Makanan itu diantaranya adalah buah-buahan, sayuran, sup, gandum, dan kacang-kacangan.

Membantu tubuh bebas bergerak. Sendi-sendi tulang bahkan otot tidak akan berfungsi dengan baik jika tidak terdapat pelumas yang dihasilkan air, yang membantu melenturkan tubuh kita.

A.S Hamidin.2010. Kebaikan Air Putih.Yogyakarta. Media Pressindo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image