Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Madania Burhani

Pengaruh Dompet Digital dalam Mengelola dan Mengatur Keuangan

Teknologi | Wednesday, 27 Dec 2023, 10:45 WIB

Dompet digital adalah aplikasi atau layanan elektronik yang memungkinkan individu untuk menyimpan, mengelola, dan melakukan transaksi keuangan menggunakan perangkat digital seperti ponsel pintar atau komputer. Dengan dompet digital saat ini yang menawarkan manfaat pembayaran, kemudahan dan efisiensi akan memudahkan masyarakat dalam mengeluarkan uang dan akan mempengaruhi perilaku belanja masyarakat. Mata uang digital (E-Wallet) merupakan alat dimana terdapat kemudahan dalam berbelanja tanpa perlu membawa uang dalam bentuk fisik (non tunai) dan dapat disalurkan pada saat melakukan kegiatan lain. (megadewandanu et al.,2016).
Di era globalisasi saat ini dompet digital telah mengubah cara masyarakat melakukan transaksi dan mengelola keuangan sehari-hari. Dampak dompet digital membawa perubahan signifikan terhadap cara masyarakat mengelola dan bertransaksi keuangan, tetapi terdapat juga beberapa tantangan yang harus diatasi. Berikut adalah dampak positif dan negatif dalam penggunaan dompet digital :A. Dampak Positifa.Kepraktisan dan efisiensi Dompet digital memudahkan masyarakat modern dalam bertransaksi, dalam menggunakannya tidak perlu lagi membawa uang tunai (fisik) dan kartu kredit sehingga dapat memudahkan segala bentuk transaksi.b. Peningkatan data pelanggan bagi bisnisDompet digital mempermudah melihat riwayat transaksi sehingga dapa digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran dan layanan pelanggan. Karena melalui dompet digital dapat memberikan data pelanggan yang lebih lengkap bagi bisnis.c. Transaksi sesuai hargaDengan menggunakan dompet digital, dapat menghilangkan kerumitan penukaran mata uang dan memudahkan melakukan transaksi berdasarkan harga yang sesuai.
B. Dampak Negatifa. Resiko keamanan data dan privasiDalam menggunakan dompet digital mengalami resiko keamanan data dan privasi karena potensi terpaparnya informasi sensitif pengguna. Sehingga memungkinkan kebocoran data atau penyalahgunaan informasi pribadi, hal ini menjadi dampak negatif yang harus diatasi secara serius oleh penyediaan layanan dan pengguna dompet digital.b. Ketergantungan terhadap smartphoneDikarenakan dompet digital sangat mudah diakses dan memudahkan pembayaran dan sudah sah digunakan namun tidak memungkinkan penggunanya cenderung bergantung pada smartphone dalam menggunakan transaksi dan mengelola keuangan secara online, namun hal itu itu juga menimbulkan resiko keamanan terkait data keuangan yang disimpan didalamnya.c. Pengeluaran menjadi tidak terkendaliDengan menggunakan dompet digital dengan mendorong masyarakat lebih mudah mengakses pembelian secara impulsif sehingga mengakibatkan peningkatan pengeluaran yang tidak terkendali.Dari penjelasan diatas dapat di simpulkan bahwa penggunaan dompet digital banyak membawa manfaat bagi masyarakat, Fungsi dompet digital ini di desain agar masyarakat melakukan pembayaran tanpa harus menggunakan uang tunai. Namun perlu di ketahui ada juga batasan dalam penggunaan dompet digital yang perlu di waspadai. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk selalu menyeimbangkan kenyamanan dan kehati-hatian saat menggunakan dompet digital agar tetap terjaganya stabilitas keuangan pribadi.
Sumber referensi :Dr. Anak Agung Elik Astari, S.E., M.M., Prof. Dr. Ni Nyoman Kerti Yasa, S.E., M.M., Prof. Dr. Dra. I Gusti Ayu Ketut Glantari, M.Si., Dr. I Putu Gde Sukaatmadja, S.E., M.P. (TECHNOLOGY ACCEPTED MODEL, THEORY OF PLANNED BEHAVIOR, DAN FEAR OF COVID-19 : NIAT KONSUMEN MELANJUTKAN PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL), November, 2023, Badung, Bali, CV. Intelektual Manifes Media, Hal. 3-4.https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/download/214/266https://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/download/6439/3605https://djournals.com/jpm/article/download/859/634https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/download/35301/20204

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image