Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Ini 7 Resolusi Kesehatan di Tahun Baru demi Diri Kita dan Orang-orang Tercinta

Gaya Hidup | Wednesday, 27 Dec 2023, 06:36 WIB
Bersepeda bagus untuk kesehatan tubuh dan lingkungan. Sumber gambar: bisnis.com

BERLALUNYA tahun lama dan datangnya tahun yang anyar bisa kita pakai untuk melakukan resolusi yang terkait dengan gaya hidup. Awal tahu dapat menjadi momentum bagi perbaikan gaya hidup kita, yang tadinya penuh dengan kebiasaan-kebiasaan buruk berganti dengan kebiasaan-kebiasaan yang lebih sehat.

Berikut, beberapa resolusi di Tahun Baru yang bisa kita coba terapkan demi meningkatkan kesehatan kita di sepanjang tahun mendatang yang akan kita lakoni.

1. Menurunkan berat badan

Agar sehat, bobot tubuh mesti ideal. Tubuh kita perlu kita upayakan agar tidak gembrot, juga tidak ceking. Jika saat ini tubuh telah kelebihan bobot, maka menurunkannya dapat membantu menurunkan risiko kondisi kesehatan kronis, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi. Tekadkan di tahun yang anyar agar kita mampu secara berangsur menurunkan berat badan sekitar satu hingga dua kilogram per minggunya.

2. Perbanyak gerak

Masih suka mager? Saatnya berubah. Membuat resolusi untuk lebih banyak melakukan aktivitas fisik adalah langkah tepat yang yang perlu kita lakukan dalam menyongsong datangnya Tahun Baru. Cara mudah untuk menjadi lebih aktif adalah dengan mengurangi waktu duduk dan lebih banyak bergerak. Jika selama ini kita lebih banyak naik mobil pribadi untuk pergi dan pulang kantor, kenapa tidak memulai bike to work. Gunakan tangga ketimbang lift. Rutinlah berolahraga minimal tiga kali dalam sepekan.

3. Setop merokok

Merokok tidak pernah membawa manfaat apa pun. Kita membakar uang dengan konsekwensi rusaknya kesehatan kita, selain juga meracuni orang lain. Artinya, kita mendzalimi diri sendiri dan mendzalimi orang lain. Asap rokok yang kita hisap merusak hampir semua organ dalam tubuh kita. Jadi, tak ada alasan apa pun untuk merokok. Berhentilah merokok untuk selamanya demi kesehatan kita dan orang-orang di sekitar kita. Ini resolusi yang perlu kita ambil di Tahun Baru.

4. Kurangi stres

Stres memang tidak bisa dihindari. Hidup yang kita jalani penuh dengan stres. Ia menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Meski demikian, kita perlu mampu mengelola stres. Belajarlah untuk mengurangi stres dengan melakukan aktivitas-aktivitas ringan yang menyenangkan. Tak ada salahnya kita belajar pula teknik pernafasan dan meditasi.

5. Konsumsi makanan sehat

Apa yang kita suapkan ke mulut kita akan berpengaruh langsung pada tubuh kita. Kesehatan kita, cepat atau lambat, bakal dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Tekadkan di tahun yang anyar agar kita hanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang benar-benar sehat. Konsumsi makanan sehat merupakan investasi jangka panjang bagi kesehatan kita di masa yang akan datang.

6. Tidur cukup dan berkulitas

Masih gemar begadang? Tidur cuma 3-4 jam atau bahkan kurang, dan tidak teratur. Segera perbaiki. Tidur cukup dan berkualitas akan meningkatkan kekebalan tubuh dan kebugaran kita. Berkomitmenlah untuk selalu pergi tidur tepat waktu. Gunakan rumus lebih cepat tidur dan lebih cepat bangun di pagi hari. Jika selama ini mengalami insomnia, segera cari akar penyebabnya. Lakukan konsultasi dokter untuk mendapatkan solusi jitu.

7. Jadwalkan periksa kesehatan rutin

Malas pergi ke dokter? Segera buang perasaan itu. Pergi ke dokter tidak harus ketika kita sudah jatuh sakit. Lakukan pemeriksaan rutin. Dengan pemeriksaan rutin dapat segera kita ketahui adanya risiko-risiko kesehatan yang mungkin bisa mengancam kesehatan kita, dan segera bisa dilakukan langkah antisipasi secara lebih dini. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Kesehatan adalah harta yang paling berharga. Sebelum semuanya terlambat dan kita dirundung penyakit, sebaiknya kita mengambil langkah-langkah terbaik demi menjamin kesehatan kita.

Membuat resolusi kesehatan di momen pergantian tahun merupakan salah satu ikhtiar kita dalam menjaga kesehatan kita, demi diri kita dan orang-orang tercinta di sekitar kita.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image