Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alifatun Luthfiah

Anoreksia, Berbahaya atau Tidak?

Edukasi | Monday, 25 Dec 2023, 15:38 WIB
Sumber: google.com

Pernah ga sih kamu takut makan banyak karena sangat menjaga berat badan, sampai-sampai berlebihan dalam memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Apakah itu hal yang wajar karena untuk menjaga berat badan yang signifikan? Tidak juga, hal itu bisa disebabkan karena kamu mengidap anoreksia.

Apa sih anoreksia itu?

Menurut siloamhospitals.com anoreksia adalah gangguan makan yang mana penderita mengalami penurunan berat badan drastis yang terjadi karena berlebihan dalam melakukan diet atau sering mengeluarkan makan yang sudah dikonsumsi. Anoreksia termasuk gangguan mental yang mana penderita terobsesi memiliki postur tubuh yang kurus.

Anoreksia adalah gangguan mental yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Kurangnya asupan makan dapat meregang nyawa bila tidak segera ditangani. Untuk itu kita harus mengetahui ciri dari gangguan makan anoreksia, lima diantaranya adalah.

1. Penurunan berat badan yang drastis dan tidak seimbang

Penurunan berat badan yang drastis dan tidak seimbang merupakan ciri paling umum dari anoreksia. Penderita anoreksia cenderung sangat berusaha dalam menjaga berat badannya tetap rendah, bahkan ketika badannya sudah sangat kurus. Mereka biasanya membatasi makanan dengan berpuasa atau bahkan dengan memuntahkan makanan yang telah dikonsumsi.

2. Gangguan pola makan yang nyata

Anoreksia dapat membuat penderita memiliki gangguan pola makan yang nyata. Biasanya mereka membatasi jumlah makanan yang akan dikonsumsi dengan makan hanya dalam porsi yang sangat sedikit atau menghindari makanan tertentu yang dianggap “berbahaya” untuk berat badannya.

3. Distorsi tubuh dan citra tubuh yang negatif

Individu dengan anoreksia cenderung memiliki ciri seperti ini. Mereka melihat tubuh mereka gemuk atau tidak ideal meskipun tubuh mereka sudah sangat kurus. Mereka akan berusaha terus-menerus agar mendapatkan tubuh yang menurut mereka ideal yang mereka anggap sebagai tanda keberhasilan.

4. Kehilangan energi, kelelahan, dan gangguan tidur

Penurunan asupan makanan dan berat berat badan yang drastis dapat mengakibatkan kurangnya asupan nutrisi dan energi untuk menjaga tubuh secara optimal. Hal tersebut dapat menghasilkan kelelahan yang meningkat, keterlambatan pemulihan, dan perubahan pola tidur.

5. Kecemasan yang berlebih terkait makanan dan berat badan

Orang pengidap anoreksia sering kali berpikir tentang makanan, kalori, dan berat badan mereka. Mereka akan menjadi sangat cemas jika merasa bahwa mereka telah mengkonsumsi makanan terlalu banyak yang dapat mengakibatkan berat badan mereka naik, sehingga terkadang mereka akan mengambil langkah-langkah yang drastis seperti meningkatkan aktivitas fisik mereka dan membatasi lebih banyak makanan yang akan mereka konsumsi.

Nah, itu dia lima ciri gangguan makan anoreksia. Kalau kamu merasa mempunyai lima ciri tersebut, yuk segera mencari bantuan profesional karena anoreksia merupakan kondisi yang serius dan dapat membahayakan kesehatan. Sayangi diri dan jangan melakukan sesuatu secara berlebihan karena yang berlebihan itu tidak baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image