Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image irman muhammad ridwan

Jagalah Kebersihan Dengan Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Agama | Monday, 25 Dec 2023, 13:44 WIB
Jagalah Keberihan sesungguhnya kebersihan itu sebagian dari iman

Islam sangat memperhatikan mengenai kebersihan baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri bersih dari kotoran atau najis bahkan dalam islam menjaga kebersihan sebagian dari iman dengan hidup bersih akan menjadikan lingkungan yang nyaman, indah, dan sehat sebaliknya dengan hidup tidak menjaga kesehatan seperti membuang sampah sembarang akan mengakibat dampak negatif baik kesehatan dan berdampak jelek bagi lingkungan.

Umat islam kurang memahami konsep kebersihan padahal konsep kebersihan adalah konsep islam yang harus dipahami dan dilaksanakan. Banyak yang belum memahami dengan membuang sampah sembarang sehingga lingkungan tidak sehat dan kurang nyaman.

Selain lingkungan kurang sehat dan nyaman akan menimbulkan berbagai penyakit bahkan dampaknya bisa menimbulkan banjir karena sebagian masyarakat membuang sampah ke sungai sehingga sungat penuh dengan sampah saluran air tersendat sehingga menimbulkan banjir. Dampak banjir bisa merugikan baik materi mungkin saja ada nyawa yang menjadi korban.

Kebersihan harus dimulai dari pribadi masing-masing dengan menyadari dan memahami bahwa kebersihan itu sebagian dari iman dan mengetahui dampak positif dan negatifnya. Allah SWT dan Rasul-Nya memerintahkan bahwa umat islam harus memelihara kebersihan yang dimulai dari pribadi dan pakaian mereka. Sebagaimana dijelaskan dalam Alqur’an Al-Mudatsir ayat 4:

Wahai orang yang berselimut, bangunlah dan sampaikanlah peringatan dan agungkanlah Tuhanmu serta bersihkanlah pakaianmu”

Ternyata dalam ayat diatas bukan saja kebersihan pribadi sangat memerhatikan pakaian yang bersih dan rapi. Pakaian yang bersih akan menimbulkan kenyamanan dan enak untuk dipakai dan enak dipandang. Jadi Islam sangat memperhatikan kebersihan, kerapihan dan penampilan. Umat islam jangan kumuh, jangan sampai tidak menjaga kebersihan dan penampilan umat islam harus diperhatikan dengan penampilan bersih dan rapi serta enak dipandang. Allah SWT sangat mencintai orang yang menjaga kebersihan dan menerapakn lingkungan bersih, sehat dan indah. Sebagaimana dijelaskan dalam surat Albaqarah ayat 222:

Sesungguhnya Allah sangat mencintai orang yang kembali kepada-Nya(bertaubat) dan mencintai orang-orang yang bersih”

Sebagai mana Hadits Rasulullah SAW:

Kebersihan itu sebagian dari Iman”

Dengan dalil diatas baik baik dalam Alqur’an sudah jelas bahwa islam sangat mencintai kebersihan dan keindahan. Kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan menjaga kebersihan akan sehat, indah dan nyaman baik dari diri pribadi, keluarga, masyarakat dan bangsa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image