Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

6 Cara Menurunkan Risiko Katarak

How To | Sunday, 24 Dec 2023, 10:37 WIB
Sumber gambar: Klinik Mata KMU

Melindungi mata Anda dari sinar matahari dapat membantu mencegah katarak atau memperlambat perkembangannya.

Katarak adalah bintik keruh yang muncul pada lensa mata ketika protein di dalam lensa menggumpal. Biasanya lensa jernih, dan tugasnya adalah memfokuskan cahaya ke retina Anda, sebagai bagian dari proses penglihatan.

Sejumlah faktor risiko diketahui berkontribusi terhadap perkembangan katarak. Namun bukan berarti katarak bisa dicegah begitu saja. Faktanya, beberapa faktor risiko terbesar katarak, seperti usia, berada di luar kendali Anda.

Namun, ada baiknya untuk mengambil langkah-langkah yang mungkin memperlambat perkembangan katarak, terutama jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan kelainan ini atau Anda sendiri sudah mulai mengidap katarak.

Banyak tindakan gaya hidup yang diyakini dapat mencegah atau memperlambat perkembangan katarak merupakan rekomendasi luas yang dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Tindakan lain yang disarankan bersifat khusus untuk kesehatan mata Anda dan dapat membantu mencegah gangguan mata lainnya.

Namun tidak peduli seberapa baik Anda merawat mata dan kesehatan Anda secara keseluruhan, Anda mungkin masih terkena katarak atau melihat perkembangan katarak yang sudah ada. Penting untuk menjaga ekspektasi Anda tetap realistis dan bekerja sama dengan dokter Anda untuk mengelola atau menangani setiap perubahan penglihatan yang terjadi.

Tindakan Bermanfaat untuk Mengurangi Risiko Katarak Anda

Sejumlah tindakan kesehatan dan gaya hidup dapat mengurangi risiko terkena katarak.

Sebagian besar rekomendasi ini didasarkan pada faktor-faktor yang diketahui atau diduga berkontribusi terhadap katarak, dan bukan berdasarkan bukti kuat bahwa faktor-faktor tersebut dapat mencegah gangguan tersebut.

Faktanya, belum ada penelitian yang menghasilkan bukti kuat tentang cara mencegah katarak, menurut Mayo Clinic.

Namun ada beberapa langkah yang dapat mengurangi risiko katarak Anda:

1. Lindungi Mata Anda Dari Sinar Ultraviolet yang Berbahaya

Mengenakan kacamata hitam yang melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV) dapat membantu mencegah atau memperlambat perkembangan katarak.

Sinar ultraviolet B sangat berbahaya bagi mata Anda, jadi penting untuk mencari kacamata yang memberikan perlindungan khusus.

Sebaiknya kenakan kacamata hitam pelindung setiap kali Anda berada di luar ruangan pada siang hari, tidak hanya saat matahari sangat terik atau bersinar dengan sudut yang mengganggu penglihatan Anda. Banyak pengecer kacamata menawarkan resep kacamata hitam dengan harga terjangkau secara online.

Jika Anda tidak ingin memakai kacamata hitam di luar ruangan atau mencari perlindungan saat berada di dalam ruangan, Anda juga bisa memakai kacamata bening biasa dengan lapisan pemblokir UV.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang pilihan Anda dan manfaat setiap jenis kacamata pelindung.

2. Temui Dokter Mata Secara Teratur untuk Mengetahui Status Katarak Anda

Meskipun mengunjungi dokter mata tidak secara langsung mencegah katarak, hal ini dapat membantu Anda tetap waspada terhadap status katarak Anda dan mempelajari tindakan yang dapat membantu mencegah atau menangani kondisi tersebut.

Dan begitu Anda mulai mengembangkan katarak, penting untuk memantau kondisi Anda melalui pertemuan rutin. Bicarakan dengan dokter Anda tentang seberapa sering Anda harus mampir untuk kunjungan kantor.

Umumnya, orang dewasa di atas usia 60 tahun harus menjalani pemeriksaan mata komprehensif setidaknya setiap dua tahun, menurut National Eye Institute. Melakukan hal ini juga dapat membantu menyaring kondisi seperti degenerasi makula dan glaukoma, yang memerlukan pengobatan yang mungkin rumit karena katarak.

3. Mengatasi Masalah Kesehatan yang Dapat Memicu Perkembangan Katarak

Masalah kesehatan kronis tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, dapat berkontribusi terhadap perkembangan katarak.

Jika Anda menderita diabetes, sangat penting untuk menjaga gula darah tetap terkendali untuk membatasi kerusakan mata yang disebabkan oleh kadar glukosa yang tinggi.

Pastikan untuk meminum obat apa pun yang diresepkan untuk Anda untuk tekanan darah tinggi dan periksa tekanan darah Anda secara teratur. Jika ternyata tekanan darah Anda tidak sesuai dengan yang seharusnya, bicarakan dengan dokter Anda tentang mengubah atau mengintensifkan pengobatan Anda.

Langkah-langkah ini penting bagi siapa pun yang didiagnosis menderita diabetes atau tekanan darah tinggi, terutama jika Anda pernah didiagnosis menderita katarak atau masalah mata lainnya.

4. Berhenti Merokok jika Anda Merokok

Merokok dan bentuk tembakau lainnya dapat menyebabkan masalah kardiovaskular, termasuk masalah pada pembuluh darah mata Anda.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang cara mendapatkan bantuan untuk berhenti merokok, terutama jika Anda pernah mengalami kesulitan dengan hal tersebut di masa lalu. Pilihan yang bermanfaat mungkin termasuk pengobatan, konseling, dan strategi medis dan berbasis motivasi lainnya.

5. Jangan Minum Alkohol Berlebihan

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar dikaitkan dengan risiko katarak yang lebih tinggi.

Jika Anda kecanduan alkohol atau yakin Anda memerlukan bantuan untuk mengurangi konsumsi alkohol, bicarakan dengan dokter Anda tentang mendapatkan dukungan yang Anda butuhkan. Pengobatan, konseling individu, dan terapi berbasis kelompok dapat membantu Anda mengurangi atau berhenti minum.

6. Ikuti Pola Makan Sehat yang Tinggi Makanan Nabati

Pola makan yang seimbang dan bervariasi yang mencakup buah-buahan dan sayuran dalam jumlah besar membantu memastikan Anda tidak kekurangan vitamin atau nutrisi lain yang diperlukan untuk kesehatan mata yang optimal.

Buah-buahan dan sayur-sayuran cenderung memiliki senyawa antioksidan tingkat tinggi, yang menurut penelitian dapat mendukung kesehatan mata dan penglihatan.

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa pola makan kaya vitamin dan mineral dapat mengurangi risiko katarak, manfaat ini belum ditunjukkan pada pil vitamin dan suplemen lainnya, menurut Mayo Clinic.

Suplemen antioksidan tertentu bahkan telah terbukti memiliki efek berbahaya, jadi cara teraman untuk meningkatkan asupan nutrisi bermanfaat ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi alami.

Mitos tentang Pencegahan Katarak

Penting untuk membedakan antara langkah-langkah yang dapat membantu mencegah katarak namun memiliki bukti terbatas dan langkah-langkah yang tidak didukung oleh bukti yang tersedia atau salah secara faktual.

Berikut beberapa tindakan yang tidak didukung oleh bukti yang ada mengenai pencegahan katarak:

Suplemen Makanan: Meskipun ada penelitian yang sedang berlangsung tentang efek berbagai suplemen terhadap perkembangan katarak, sejauh ini hasilnya masih beragam dan tidak mendukung rekomendasi spesifik apa pun, menurut National Eye Institute.

Perawatan Bedah Dini: Pembedahan untuk katarak tidak menghentikan kondisi atau mencegahnya bertambah buruk. Sebaliknya, tindakan ini menghilangkan seluruh lensa mata Anda yang terkena. Karena hanya dapat menghilangkan, bukan memperbaiki, lensa yang rusak pada mata Anda, operasi katarak disarankan hanya jika kondisinya cukup parah sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari Anda.

***

Solo, Minggu, 24 Desember 2023. 10:31 am

Suko Waspodo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image