Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ayyasa Kurnia Essa Putri

Bentuk Bela Negara oleh Pemuda Indonesia

Edukasi | Thursday, 21 Dec 2023, 13:42 WIB

Sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, kita wajib memiliki sikap nasionalisme terhadap negara kita sendiri yaitu Indonesia. Sikap nasionalisme harus diajarkan sedini mungkin, agar kita tidak terjerumus dalam globalisasi yang semakin banyak memberi dampak negatif. Untuk mengamalkan sikap nasionalisme tersebut salah satunya adalah dengan bela negara. Apa itu bela negara? Bela negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut. Lalu apa saja sih bentuk bela negara yang dapat kita lakukan atau terapkan pada diri kita sebagai pemuda-pemudi bangsa Indonesia? Berikut terdapat beberapa hal yang dapat kamu contoh, yaitu :

Menghormati perbedaan suku,agama, dan ras 

Sumber : https://images.app.goo.gl/AdiTeUaYYd2wwGMY8

Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, ras dan agama. Hal itulah yang membuat Indonesia beda dari yang lain dan kita harus menjaga persatuan dan kesatuan sesuai dengan namanya yaitu NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Sangat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga keutuhan dan persatuan negara kita agar tidak menimbulkan kekacauan. Keberagaman yang ada merupakan ciptaan Tuhan, sehingga setiap manusia harus menghargai keberagaman dalam perbedaan tersebut. Selain itu, adanya keberagaman juga akan memperkaya ragam budaya negara Indonesia.

Menghormati jasa para pahlawan

Sumber : https://images.app.goo.gl/MZDgJjS7SkrZCj1a6

Menghargai jasa pahlawan adalah sebuah kewajiban yang perlu dilakukan oleh masyarakat Indonesia di zaman sekarang. Sebab berkat jasa para pahlawan, saat ini kita bisa merasakan kebebasan dan terlepas dari segala penderitaan yang dilakukan oleh para penjajah. Sebagai pelajar, langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghargai jasa pahlawan cukup dimulai dari hal-hal yang kecil. Misalnya, dengan belajar giat dan sungguh-sungguh. Dengan belajar, kamu bisa mewujudkan cita-cita bangsa untuk membawa bangsa ini menjadi lebih baik lagi. Selain itu, Setelah mengetahui sejarah dan mengenal sikap serta perilaku para pahlawan, kamu patut untuk meneladani sikap positif yang dimiliki pahlawan. Tak lupa untuk terus mendoakan pahlawan, karena itu adalah sebuah bentuk rasa terima kasih kita kepada para pahlawan atas jasa dan pengorbanan yang telah mereka lakukan untuk bangsa ini.

Mematuhi tata tertib dan peraturan pemerintah

Sumber : https://images.app.goo.gl/bZMZ1U2WRbvz5LTUA

Sebagai warga negara yang baik, kita harus mematuhi seluruh tata tertib yang telah diberikan oleh pemerintah. Contoh kepatuhan warga negara pada hukum peraturan yang berlaku dalam kegiatan sehari-hari misalnya, dengan mematuhi peraturan lalu-lintas dan rambu-rambu lalu-lintas di jalan raya. Kesadaran hukum perlu ditanamkan sejak dini yang berawal dari lingkungan keluarga, yaitu setiap anggota keluarga dapat melatih dirinya memahami hak-hak dan tanggung jawabnya terhadap keluarga, menghormati hak-hak anggota keluarga lain, dan menjalankan kewajibannya sebelum menuntut haknya. Apabila hal ini dapat dilakukan, maka ia pun akan terbiasa menerapkan kesadaran yang telah dimilikinya dalam lingkungan yang lebih luas, yaitu lingkungan masyarakat dan bahkan negara.

Cinta tanah air

Sumber : https://images.app.goo.gl/YtDUU4C1jLEshrj97

Rasa cinta tanah air adalah perasaan kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati, dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat dimana ia tinggal. Yang tercermin dari perilaku membela tanah airnya, adalah menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, mencintai adat atau budaya yang ada di negaranya dengan melestarikannya, serta melestarikan alam dan lingkungan. Hal tersebut merupakan wujud dari sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia yang dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari di keluarga, sekolah dan masyarakat. Oleh karena itu, rasa cinta tanah air perlu ditumbuh kembangkan dalam jiwa setiap individu sejak usia dini yang menjadi warga negara Indonesia agar tujuan hidup bersama dapat tercapai.

Sebagai pemuda-pemudi Indonesia yang bela negara kamu harus menerapkan hal-hal diatas. Negara ini sejatinya adalah warisan yang harus kita jaga terus menerus dari generasi ke generasi selanjutnya, maka dari itu kita wajib menjaga persatuan dan kesatuan dengan menerapkan sikap bela negara ini dan menerapkannya juga ke dalam kehidupan sehari-hari kita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image