Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SANDRINA WINDI RAMADHANI

Pengertian, Fungsi, dan Aspek Manajemen dalam Perusahaan

Bisnis | Thursday, 21 Dec 2023, 10:42 WIB

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah seni mengatur,merancang,meorganisasi mengelola dan mengkontrol dari segala aspek kegiatan, Menurut Hit,Black dan Porter menyebutkan bahwa Manajemen adalah sekumpulan sumber daya dengan cara di arahkan pada tujuan untuk menyelesaikan tugas dalam suatu organisasi. Dalam kegiatan perusahaan atau organisasi dalam segala aspeknya sangat di perlukan Manajemen yang baik.

Manajemen adalah sebagai guna mencapai suatu visi dan misi yang sudah di teteapkan dalam organisasi atau perusahaan. Adanya suatu Manajemen akan sangat membantu anda di dalam segala aspek yang ada di dalam perusahaan. Pengolaan manajmen yang tepat akan sangat mempengaruhi suatu keberhasilan dalam perusahaan, baik dalam aspek manjemen manusia, aspek lingkungan, aspek keuangan,dan segala aspek aspek yang ada di dalam perusahaan anda.

Fungsi Manajemen di Perusahaan

1. Perencanaan

Manajemen sangat berfungsi dalam segi perencanaan di mana dalam Manajemen unsur utamanya adalah membuat suatu rencana terkait segala aspek perusahaan, baik dari suatu perencanaan keberlangsungan perusahaan di masa yang akan datang atau juga bagaimana rencana sistem sistem pengimpelentasian dari suatu rencana yang sudah di buat akan di kembangkan, perencanaan modal dan keungan perusahaan adalah bentuk bentuk daru perencanaan perencanaan yang bisa di rencanakan dalam perusahaan termasuknya juga adalah rencana target penjualan dan banyak lagi perencanaan yang sudah di rancang terkait keberlangsungan perusahaan di masa depan.

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian mengatur semua struktur yang ada dalam lingkup perusahaan dalam Manajemen perusahaan pengorganisasian adalah suatu proses mengatur tugas dan wewenag tanggung jawab di setiap karyawan yang ada dalam perusahaan tersebut, misalnya dalam struktur organisasi devisi marketing akan di berikan tugas nya seperti mencari client atau mencari vendor untuk di ajak kerja sama dan bagian devisi admin di berikan tugas untuk membuat dokumen atau surat lainnya seperti MoU.

3. Pengontrolan

Pengontrolan dimana manajemen sebagai control dari pada pekerjaan yang dilakukan oleh setiap karyawan fungsi control andalah agar karyawan tidak berkerja sesuai pada alur kerja yang sudah di buat perusahaan dan juga agar karyawan mengikuti standar standar pekerjaan yang sudah di buat oleh perusahaan.

4. Evalusasi

Evaluasi di mana segala kegiatan dalam proses kerja perusahaan di tinjau kembali agar di harapkan dengan adanya suatu evaluasi akan memberikan suatu nilai perbaikan pada perusahaan contohnya di lakukan penerapan standarisasi dalam perusahaan langkah evaluasinya adalah dengan cara di lakukan audit secara berkala pada perusahaan di mana setelah dilakukan audit maka akan ada suatu penilaian dan perbaikan yang akan di berikan oleh pihak audithor untuk perusahaan.

Aspek aspek penting dalam perusahaan.

Manajemen sebagai suatu seni kehidupan yang akan selalu menjadi pondasi dalam mengatur mengelola dan mengkoordinasi segala aspek dalam kehidupan salah satunya dalam aspek perusahaan , dengan Manajemen yang baik maka akan membuat suatu perusahaan lebih tertata dan terorganisir dan juga sangat membantu dalam pengembangannya

Dalam perusahaan ada beberapa aspek Manajemen yang perlu kamu ketahui di antaranya adalah

1. Manajemen Sumber daya manusia

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu pengembangan terhadap manusia dalam melakukan suatu penrencanaan, perekrutan, penerapan dan pelatihan juga sebagi pengembangan diri untuk pencapaian karir atau target. Dalam perusahaan pengembangan sumber daya manusia menjadi pokok utamannya karena manusia adalah komponen penggerak utama dalam perusahaan dimana sumber daya manusia internal dalam perusahaan seperti karyawan, pemilik, dan segala aspek manusia yang berada dalam jajaran struktur organisasi perusahaan. maupun eksternal dalam perusahaan seperti konsumen, pemasok, atau bahkan kompetitor akan menjadi peluang terhadap keberhasilan perusahaan maka dari itu penting mengolah sumber daya manusia dalam perusahaan

2. Manajemen Pemasaran

Pemasaran atau bisanya umum di sebut marketing adalah suatu unsur berupa renncana dalam pengawasan terkait produk yang di pasarkan, Tujuan dari maajeman pemasaran adalalah bentu pengawasan terhadap promosi yang di lakukan maka penting sekali dalam meManajemen pemasaran karena dengan Manajemen yang baik akan sangat mempengaruhi promosi dan penjualan terhadap produk yang di promosikan.

3. Manajemen Produksi

adalah suatu unsur pembuatan suatu produk dalam perusahaan dimanan Manajemen produksi meliputi kondisi pengawasan dan perawatan berkala pada mesin produksi, kualitas bahan baku, kualitas rasa dan komposisi pada produk terkait pengemasan dan segala hal yang berkaitan dengan menjaga kualitas produksi.

4. Manajemen Keuangan

Dalam perusahaan Manajemen keuangan adalah hal paling penting karena Manajemen keuangan meyangkut laporan laba rugi, modal, arus kas dan catatan catatan laporan terkait keuntungan perusahaan . Maka dalam perusahaan manajemen keuangan sangat penting karena dengan adanya Manajemen keuangan kita bisa mengetahui terkait perputaran uang di dalam perusahaan yang kita jalan kan, selain itu Manajemen keuangan adalah bentuk antispasi terhadap resiko atau kerugian perusahaan karena dengan Manajemen yang baik mampu membantu perusahaan lebih berkembang dan maju dalam perusahaannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image