Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Populous Luncurkan Desain Arena Esports dengan Aneka Lampu Neon di Saudi Arabia

Wisata | Wednesday, 20 Dec 2023, 20:21 WIB
Desain Arena Esports (dezeen.com/SSDarindo)

Studio arsitektur global Populous merilis visual dari Qiddiya City Esports Arena, yang akan berlokasi di distrik game dan esports serba guna pertama di dunia.

Dirancang untuk menjadi titik fokus bagi megaproyek hiburan Qiddiya di Saudi Arabia, Populous bertujuan untuk memperkuat etos kehidupan bermain di kota tersebut yang diniatkan sebagai hiburan, olahraga, dan budaya, kata studio tersebut.

Arena ini akan menjadi pengembangan pertama untuk area tersebut, yang merupakan salah satu dari empat belas "giga-proyek" di negara tersebut dan dirancang untuk menjadi bagian integral dari Visi Saudi 2030 yang lebih luas. Qiddiya pada akhirnya akan menjadi rumah bagi empat tempat khusus untuk esports.

Mengutip dari alman dezeen.com, tempat berkapasitas 5.155 kursi ini akan terdiri dari enam volume trapesium yang meruncing, dihiasi dengan lampu neon yang diinformasikan oleh permainan.

Ruang-ruang ini akan menjadi tuan rumah bagi ruang-ruang acara utama, sementara empat "portal" di lantai dasar akan menyediakan pintu masuk yang diterangi ke ruang-ruang interior dan auditorium utama.

"Desain fasad eksoskeleton yang inovatif dan penataan ruang internal menjawab kebutuhan fleksibel dari sebuah arena dan mencerminkan konsep kreatif penggabungan fiksi dan realitas," ujar kepala sekolah senior Populous, Rhys Courtney, kepada Dezeen.

"Fasad ini memberikan pengalaman visual yang bervariasi bagi pengunjung arena, yang terus berkembang dan bereaksi terhadap lingkungannya melalui pencahayaan LED animasi eksterior berdasarkan acara dan kompetisi di dalamnya," tambahnya.

Menurut studio tersebut, tempat multifungsi ini akan menjadi tuan rumah bagi jumlah layar video terbesar dari arena esports mana pun di dunia, yang memenuhi kebutuhan esports nasional dan internasional.

Di dalam tempat tersebut, tempat duduk yang terletak di auditorium utama akan diatur di sekitar "lampu gantung digital" yang diposisikan di tengah yang dirancang secara strategis untuk mengoptimalkan pemandangan yang dilengkapi dengan kursi haptic 4D.

Hal ini akan memungkinkan pengunjung untuk merasakan, melihat, dan mencium pengalaman, menciptakan lingkungan permainan yang sepenuhnya imersif.

"Selain menjadi arena pertunjukan yang kompetitif, tempat ini juga menyediakan fasilitas non-peristiwa seperti pusat pelatihan dan pusat produksi media yang dapat menawarkan peluang pendidikan dan kejuruan bagi warga Saudi yang memasuki industri ini," kata Courtney.

Tempat ini juga akan menjadi tuan rumah bagi sebuah arcade bersama dengan pasar makanan, toko ritel, dan zona hiburan yang dapat diakses melalui dua concourse yang akan melingkari tempat duduk.

Untuk meningkatkan operasi dan mendorong penggunaan tempat oleh masyarakat, banyak ruang juga akan dapat diakses sebelum acara atau sepenuhnya pada hari-hari non-acara.

"Qiddiya City Egames Arena terletak di jantung Qiddiya Gaming and Esports District, yang merupakan distrik game dan esports serba guna pertama di dunia dan merupakan pengembangan yang lebih luas yang menawarkan tengara untuk Qiddiya dan mercusuar untuk turnamen dan acara Esports global," ujar Populous.

Di antara proyek-proyek terbaru Populous adalah arena MSG Sphere di Las Vegas. Proposal lain yang baru-baru ini dirancang di Arab Saudi termasuk ruang acara yang imersif dengan pintu masuk setinggi 64 meter yang terbuat dari batu dan gedung opera yang mengacu pada arsitektur bata lumpur vernakular. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image