Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image dwiky

Strategi Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan

Teknologi | Wednesday, 20 Dec 2023, 20:21 WIB
unsplash.com

Perkembangan era digital tentunya mengalami kemajuan yang sangat pesat akhir-akhir ini, dan di era digital saat ini banyak fasilitas masyarakat seperti transportasi, perbankan, bahkan investasi yang dapat mudah diakses.Pasar saham memegang peran yang sangat penting khususnya di Indonesia.Rata-rata anak muda Indonesia sudah paham tentang saham, bahkan investasi saham di Indonesia banyak dilakukan oleh anak muda.Berinvestasi adalah cara untuk menjadi mandiri secara finansial, namun banyak investor perorangan yang gagal.

Clarice dkk.(2014) menyatakan bahwa penyebab utama kegagalan investasi adalah tidak adanya tujuan yang spesifik mengenai produk investasi yang digunakan dan kurangnya motivasi untuk berinvestasi.Biasanya, para pemula bertujuan untuk mendapatkan keuntungan, menjamin keamanan dana yang mereka investasikan, dan meningkatkan nilai investasi mereka.Oleh karena itu, penting untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keadaan emiten (perusahaan)

Pengertian investasi menurut Hachisien (2003: 17) Pertukaran uang dengan bentuk lain, seperti saham, obligasi, atau real estate, yang dimiliki untuk menghasilkan pendapatan selama jangka waktu tertentu. Investasi umumnya dibagi menjadi dua bidang: investasi fisik dan investasi keuangan.

investasi di indonesia sendiri masih banyak yang skeptis karena banyak orang mengangap investasi seperti indrakenz dan doni salmanan yang dimana itu adalah sesuatu yang berbeda,investasi disaham adalah suatu yang harus ditunggu tidak bisa instan, dan orang yang memiliki pengetahun bisa dapat berinvestasi, dalam pidato presiden jokowi mengatakan bahwa investasi di pasar modal indonesia didominasi oleh anak muda khususnya anak sma dan perguruan tinggi.

adapun banyak yang mengatakan bahwa investasi saham dan crypto itu sama akan tetapi sangat berbeda karena didalam crypto itu berupakan investasi beresiko tinggi sedangkan saat dipasar saham investasi itu tidak memiliki resiko yang tinggi karena pergerakan market nya tidak signifikan seperti crypto, dan disaham ada deposito dan reksadana yang memiliki resiko kecil tetapi memiliki keuntungan yang pasti dari 3%-7% pertahun.

jika ingin berinvestasi dengan aman maka pilihlah deposito atau reksadana pasar uang karena disana kalian bisa berinvestasi deposito bank dan surat hutang negara dan pasti akan dibayar oleh bank ataupun negara, akan tetapi keuntungan yang didapatkan tentu kecil seperti jika berinvestasi sebesar 1.000.000 maka yang didapat salam setahun adalah 30.000-70.000 sedangkan jika berinvestasi dipasar saham maka keuntungan yang didapatkan akan lebih tinggi tetapi memiliki resiko yang pasti.

Saat ingin menjadi investor atau dapat berinvestasi banyak aspek aspek yang perlu diperhatikan seperti fundamental dan teknikal serta laporan keuangan suatu emiten/Perusahaan agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan, jika ingin menjadi investor harus memiliki pengetahuan yang luas dan kondisi psikologi yang tenang. Berinvestasi disaham itu bukan suatu perjudian yang tidak dapat di prediksi, berinvestasi harus memiliki pengetahuan dan kesabaran karena investasi yaitu menunggu untuk masa depan bukan untuk menjadi kaya dalam waktu singkat. "Aturan investasi yang pertama adalah jangan kehilangan uang. Dan aturan investasi yang kedua adalah jangan melupakan aturan pertama. Dan itu semua aturan yang ada." - Warren Buffet

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image