Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Google Contacts di Android Kini dapat Menampilkan Lokasi Real-Time Teman Anda

Teknologi | Wednesday, 20 Dec 2023, 20:00 WIB
Google Cintacts di Android (techradar.com/SSDarindo)

Google belum lama ini menambahkan modul baru pada aplikasi Kontak di Android yang memungkinkan pengguna untuk melihat lokasi teman dan keluarga secara real-time.

Perlu disebutkan bahwa fungsi ini sudah ada sejak beberapa waktu lalu - sejak akhir Mei ketika dibocorkan oleh orang dalam industri ini, Nail Sadykov, di X (platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter). Butuh beberapa saat, tetapi sekarang Anda bisa mendapatkan fitur ini dengan menginstal Google Kontak versi 4.22.37.586680692.

Menurut laman Android Police yang pertama kali menemukannya, banner berbagi lokasi akan didukung oleh Google Maps, berada di antara opsi kontak dan bagian Contact Info. Dengan mengetuknya, Anda akan langsung "membuka lokasi mereka di Maps" dan Anda akan mendapatkan petunjuk arah menuju lokasi tersebut.

Sebaliknya, jika seorang teman sedang menuju ke arah Anda, Anda dapat mengatur notifikasi pemberitahuan yang memberitahukan kepada Anda ketika mereka tiba di lokasi Anda.

Anda harus memenuhi beberapa persyaratan agar pembaruan ini dapat berfungsi. Pertama, Anda harus memiliki alamat Gmail orang lain yang tersimpan pada salinan aplikasi Anda. Kedua, mereka harus secara aktif membagikan lokasi mereka di Google Maps. Jika kedua kriteria tersebut terpenuhi, akan muncul di kartu kontak.

Menyiapkan Berbagi Lokasi

Menyiapkan fitur ini mudah, tulis Cesar Cadenas lewat artikel yang diunggah pada laman techradar.com. Jika Anda mengetuk gambar profil di Google Maps, Anda akan melihat opsi Berbagi Lokasi di menu. Pilih opsi tersebut, lalu tekan tombol Bagikan Lokasi pada layar berikut.

Setelah itu, tentukan kontak mana yang ingin Anda bagikan data real-time Anda. Sering kali, orang akan memilih untuk menampilkan lokasi mereka untuk sementara waktu dengan memilih batas waktu, tetapi kami sarankan untuk memilih "Sampai Anda mematikannya" jika Anda ingin orang lain menemukan Anda.

Nantikan patch ini ketika sudah tersedia karena mungkin akan diluncurkan secara bertahap. Kami telah memperbarui Google Kontak di perangkat Android kami, namun kami tidak melihat adanya perubahan. Bisa jadi patch ini masih dalam proses menuju ke semua pengguna atau kami hanya kurang beruntung. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image