Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sofia Aprilia

Bosan Saat Mengajar? Ini 3 Tips Mengajar yang Seru dan Dapat Mudah Dipahami.

Eduaksi | Wednesday, 20 Dec 2023, 15:31 WIB
Potret siswa-siswi saat bosan dalam kelas. Sumber foto dari iStockPhoto.com

Cara guru mengajar sangatlah berpengaruh kepada minat siswa untuk belajar. Rasa bosan kerap melanda di tengah mengajar para siswa, apalagi yang mudah mengantuk. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa membuat siswa berada dalam keadaan kondisi hati yang baik, akan membuat mereka betah untuk belajar.

Banyak sekali manfaat yang luar biasa dapat diperoleh dari proses mengajar yang menyenangkan. Tak hanya membuat materi lebih mudah dipahami oleh siswa, tapi juga memupuk semangat belajar yang lebih tinggi. Mulai dari materi yang akan mudah dipahami oleh siswa hingga rasa ingin belajar yang lebih lama. Ketika suasana belajar menyenangkan, siswa cenderung lebih terbuka dan memiliki ketertarikan yang bertahan lebih lama terhadap pelajaran yang diajarkan. Ini juga membantu menciptakan lingkungan yang merangsang minat belajar jangka panjang bagi siswa. Berikut adalah tips mengajar agar lebih seru!

Membuat Quiz 

Ilustrasi seorang siswa mengerjakan quiz. Sumber foto; gettyimages.com

Dengan adanya quiz, siswa tidak akan merasa bosan, quiz ini harus disesuaikan juga dengan materi yang akan dibahas. Hanya butuh beberapa pertanyaan dari materi untuk membuat quiz yang bisa dipahami oleh siswa. Buatlah quiz yang unik sehingga siswa akan penasaran dengan jawabannya.

Games

Nah, selain membuat quiz, kita juga bisa melakukan dengan bermain game. Para siswa suka sekali bermain game di ponsel mereka. Jadi, kita akan membuat materi tersebut seperti sebuah game, kita dapat menggunakan beberapa website untuk membuat game sendiri yang kemudian akan diberikan kepada siswa.

Menggambar atau Ilustrasi

Ilustrasi siswa bermain game. Sumber foto; alamy.com

Selain kedua metode tersebut, metode ini juga bisa digunakan untuk materi pembelajaran yang lebih seru. Metode ini melibatkan imajinasi para siswa. Karena siswa sering memiliki imajinasi yang kaya saat menggambar, metode ini bisa membantu meningkatkan kualitas pendidikan mereka. Terutama bagi siswa yang hobi menggambar, metode ini mungkin lebih mudah dipahami dan diterapkan dengan baik.

Penutup

Sebagai seorang pengajar, kita harus memperhatikan hal lain yang disukai oleh para siswa agar tidak merasa bosan saat mengajar. Nah, tadi adalah beberapa tips yang sudah saya berikan kepada kalian. Semoga dengan adanya tips ini bisa membantu untuk mengatasi rasa bosan dalam belajar dan juga meningkatkan semangat para siswa untuk belajar lebih banyak dan rasa penasaran yang tinggi akan suatu ilmu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image