Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image hilma nurul afidah

Penggunaan Media Pembelajaran Berupa Media Gambar Visual di Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar

Guru Menulis | 2023-12-20 13:41:25

Oleh Hilma Nurul Afidah (200410008)

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Semester 7 (Tujuh)

Stai Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA)

Apa itu media gambar?

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen dalam pendidikan yang ikut menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran. Sehingga bagi tenaga pendidik perlu memahami pendidik penggunaan media pembelajaran dengan menyesuaikan materi yang akan di ajarkan. Selain itu, pembelajaran akan jauh lebih bermakna apabila peserta didik ikut terlibat dalam setiap proses pembelajaran, peserta didik tidak hanya di jadikan sebagai objek pembelajaran tetapi juga sebagai subjek yang dapat menentukan arah dan proses pembelajaran. Dalam hal ini, tenaga pendidik perlu menyusun dan melaksakan kegiatan belajar mengajar dimana peserta didik dapat akrif membangun pengetahuannya sendiri. Hal ini sesuai dengan pandangan kontruktivisme yaitu keberhasilan belajar tidak hanya bergantung pada lingkungan atau kondisi belajar, tetapi juga pada aspek psikologis peserta didik.

Media gambar itu apa saja?

Media satu ini menjadi salah satu jenis media pembelajaran yang mudah ditemui. Contoh dari media gambar fotografi adalah koran, lukisan, kartun, ilustrasi, dan foto. Media ini bisa digunakan oleh orang tua dan juga guru dalam mengajar anak sejak usia dini.Namun, ada hal yang harus diperhatikan saat ingin memberikan gambar fotografi untuk dipelajari oleh anak. Pertama, pastikan gambar harus memadai dan memenuhi persyaratan artistik. Kedua, pastikan gambar fotografi untuk tujuan pengajaran yang jelas. Pastikan juga validitas gambar. Akan lebih baik, jika gambar bisa memikat perhatian anak.

Adapun macam – macam media gambar menurut Arikunto, Suharsimi (2010), ada empat macam gambar yang dapat di gunakan dalam pembelajaran, yaitu sebagai berikut :1. Gambar gabungan, yaitu gambar tunggal yang luas atau besar yang memperlihatkan sebuah pemandangan (rumah sakit dan pantai) dimana sejumlah orang di lihat sedang melakukan sesuatu.2. Gambar seri, yaitu sejumlah gambar berantai untuk membentuk serial.

Melalui penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat mempertinggi proses belajar mengajar yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kualitas hasil belajar siswa. Bahkan diatur dalam PP No.19 Tahun2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 42 Ayat 1, disebut bahwa “Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber bahan lainnya, bahan habis pakai, serta perlengakapan lain yanh di perlukan untuk menunjang proses pembelajaran yangteratur dan berkelanjutan”. Dengan demikian penggunaan media gambar merupakan sarana yang mampu mendorong terciptanya minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Terbentuknya minat belajar siswa diharapkan dapat mendorong meningkatnya hasil hasil dan prestasi yang di capai siswa. Berdasarkan yang di kemukakan diatas maka dapat di simpulkan bahwa penggunaan media gambar yang memadai memungkinkan terjadinya proses belajar terlaksana secara maksimal. Hal ini dapat di tunjukan dari minat belajar siswayang meningkat sehingga akan berdampak pada capaian hasil belajar siswa. Dengan demikian, melalui peggunaan media pembelajaran di harapkan dapat mempertinggi keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar yang dapat di tunjukan melalui meningkatnya minat belajar siswa.

Kesimpulan

Media satu ini menjadi salah satu jenis media pembelajaran yang mudah ditemui. Contoh dari media gambar fotografi adalah koran, lukisan, kartun, ilustrasi, dan foto.

Adapun macam – macam media gambar :

1. Media gambar gabungan

2. Media gambar seri

Dapat di simpulkan bahwa penggunaan media gambar yang memadai memungkinkan terjadinya proses belajar terlaksana secara maksimal. Hal ini dapat di tunjukan dari minat belajar siswayang meningkat sehingga akan berdampak pada capaian hasil belajar siswa. Dengan demikian, melalui peggunaan media pembelajaran di harapkan dapat mempertinggi keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar yang dapat di tunjukan melalui meningkatnya minat belajar siswa.

Daftar Pustaka

Setyani, Ricka Intan. (2016). Artikel : hubungan antara pemanfaatan media pembelajaran dan minat belajar dengan hasil belajar.

Universitas Muhammadiyah Surabaya : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan (Didaktis).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image