Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image sakhaa aqillah putraa

Bagaimana Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dapat Memajukan Manajemen Proyek Konstruksi

Teknologi | Wednesday, 20 Dec 2023, 13:25 WIB

Dalam era modern yang berkembang begitu pesat, kecerdasan buatan (AI) adalah suatu sistem yang diciptakan lalu dikembangkan oleh manusia yang dapat mampu berinovasi dalam beberapa bidang industri salah satunya industri konstruksi dan telah membawa banyak perubahan bagi bidang industri tersebut. Beberapa Perusahaan industri memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk membagikan tugas pekerjaan seperti memperkirakan biaya proyek, meningkatkan keselamatan lokasi kerja, mengoptimalkan proses pekerjaan dan meningkatkan efisiensi dalam proyek konstruksi.

Penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam kegiatan industri konstruksi telah meningkat pesat dari tahun ke tahun nya. Beberapa contoh dalam penggunaan teknologi AI di bidang industri konstruksi :

1. Analisa Data : Dalam pengambilan Keputusan teknologi AI dapat digunakan untuk menghasilkan informasi dan menganalisa data yang diperlukan. Dalam industri konstruksi teknologi AI dapat berguna untuk menganalisa data proyek, mengidentifikasi potensi masalah dan risiko yang akan terjadi, dan membantu memberikan Solusi yang tepat.

2. Pembangunan Terkendali : Teknologi AI dalam industri konstruksi juga dapat membantu terkendali nya Pembangunan yang aman dan nyaman. Termonitoring dang terkontrol nya Pembangunan secara langsung adalah salah satu contoh teknologi AI yang dapat memajukan proyek konstruksi.

3. Rute Pengiriman Optimal : Digunakan nya teknologi AI dalam hal ini adalah untuk mengoptimalkan rute pengiriman dan pengaturan jadwal pengiriman peralatan dan pengiriman.

4. Augmented Reality dan Pengembangan Virtuality : Teknologi AI dalam hal ini digunakan untuk mengembangkan virtual dan augmented reality di industri konstruksi. Hal tersebut dapat memungkinkan para pengguna untuk melihat proyek konstruksi dalam bentuk visual untuk memahami desain dan proses Pembangunan tersebut.

Manfaat Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Industri Konstruksi

· Memperlancar Proyek Konstruksi

Teknologi AI dapat membantu proyek konstruksi dengan sangat efektif dan efisien. Salah satu teknologi AI yang dapat membantu adalah BuildingConnected, dengan cara kerja yang menggunakan data untuk memperkirakan kebutuhan Perusahaan dan membantu pemesanan dengan jumlah dan waktu yang tepat dapat mengurangi waktu henti dalam pekerjaan dan menjaga Pembangunan tetap efisien. Hal ini memungkinkan manajer proyek dan pekerja bisa lebih focus pada tanggung jawab lain nya.

· Meningkatkan Produktivitas bagi Tenaga Kerja

Selain membuat proyek konstruksi yang lebih mudah dikelola, teknologi AI juga menjadikan produktivitas tenaga kerja meningkat pesat. Meningkatkan manajemen jadwal dengan memprediksi durasi dari tugas secara akurat menggunakan wawasan waktu yang nyata dan juga data.

· Mengurangi Pembengkakan Biaya

Lebih dari 85% proyek konstruksi rata rata melebihi anggaran yang ada karna disebabkan oleh masalah rantai pasokan atau inflasi. Menggunakan teknologi AI dapat membantu bisnis memiliki pengelolaan anggaran yang lebih baik karena dapat menganalisis biaya yang terkait dengan proyek sebelumnya dan dapat memperhitungkan peningkatan pada bahan, tenaga kerja dan ruang lingkup proyek.

· Forecasting Maintenance (Pemeliharaan Peramalan)

Kemampuan dalam peralaman nya teknologi AI bagi industry konstruksi adalah salah satu manfaat terbesar, terutama untuk pemeliharaan peralatan. Dalam pembelajaran mesin memungkinkan untuk memperkirakan potensi masalah menggunakan data historis dan pengenalan pola. Teknologi AI memungkinkan penggunaan sensor dan data kinerja untuk menentukan pemeliharaan prediktif.

· Memerangi Kekurangan Tenaga Kerja Dan Masalah Rantai Pasokan

Lebih dari 2 juta pekerja mengalami masalah rantai pasokan global yang menyebabkan penundaan bagi para Pembangunan. Kecerdasan buatan (AI) dapat mengotomatiskan beberapa tanggung jawab yang dimiliki oleh pekerja, sehingga mengurangi jumlah karyawan yang dibutuhkan dalam proyek. Hal tersebut dapat membantu proyek konstruksi memerangi hambatan rantai pasokan dengan menggunakan pantauan dan prediksi yang akurat.

Dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI), perusahaan konsultan dan kontraktor dapat meningkatkan efisiensi, efektifitas dan mengurangi risiko dalam proyek konstruksi. Perusahaan konsultan dan kontraktor yang menggunakan teknologi AI dalam proyek konstruksi dapat meningkatkan kualitas dan kecepatan pembangunan, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi klien dan pemilik proyek konstruksi.

Pemanfaatan potensi teknologi AI untuk mengoptimalkan proses, mengurangi risiko, dan meningkatkan efisiensi dalam proyek konstruksi, perusahaan konsultan dan kontraktor harus terus mengikuti perkembangan teknologi dan mengembangkan diri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image